Gubernur Sumsel sebut pembangunan di OKU Selatan berkembang pesat

id HUT OKU Selatan, sidang paripurna, sektor pertanian, Gubernur Sumsel, Bupati OKU Selatan

Gubernur Sumsel sebut pembangunan di OKU Selatan berkembang  pesat

Gubernur Sumsel, Herman Deru saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten OKU Selatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-19 kabupaten setempat tahun 2023 di Muaradua, Selasa (24/1/2023). ANTARA/Edo Purmana

Muaradua (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menyebutkan bahwa pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan berkembang pesat di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo.

"Salah satunya pembangunan objek wisata Danau Ranau yang menjadi ikon Kabupaten OKU Selatan yang kini dikenal masyarakat hingga mancanegara," kata Gubernur Sumsel, Herman Deru saat menghadiri Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten OKU Selatan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-19 kabupaten setempat tahun 2023 di Muaradua, Selasa.

Bahkan, kata Herman, objek wisata Danau Ranau di OKU Selatan tersebut diusulkan menjadi salah satu kawasan strategis nasional karena memiliki potensi besar dari sektor perkebunan dan sawah hingga pariwisata.

"Usulan ini memiliki alasan yang cukup kuat karena Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba," katanya.

Menurut dia, Kabupaten OKU Selatan sudah sangat terkenal dengan berbagai potensi yang dimiliki baik di sektor pertanian, pariwisata dan juga ikon lainnya yaitu Kain Kawai Kanduk yang banyak dilirik investor dari berbagai penjuru kota dan daerah di Indonesia.

"Saya sangat bangga dengan perkembangan OKU Selatan baik dari pembangunan yang terus maju, sektor pertanian dan pariwisata yang semakin berkembang di bawah kepemimpinan Bupati Popo Ali Martopo dan Wabup Sholehien Abuasir," katanya.

Selain itu, kata dia, Kabupaten OKU Selatan juga merupakan salah satu daerah di Sumsel yang sangat banyak membantu dalam penurunan angka stunting sejak beberapa tahun terakhir.

"Saya berharap dengan bertambahnya usia Kabupaten OKU Selatan kedepannya dapat lebih maju lagi dengan program-program pembangunan untuk mensejahterakan masyarakatnya," harapnya.

Sementara itu, Bupati OKU Selatan, Popo Ali Martopo dalam kesempatan yang sama mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yang selalu menyempatkan hadir dalam kegiatan-kegiatan yang digelar pihaknya, seperti rapat paripurna istimewa dalam rangka HUT ke-19 Kabupaten OKU Selatan ini.

Menurutnya, dalam beberapa tahun kepemimpinannya, Gubernur Herman Deru banyak memberikan perhatian dan turut andil dalam kemajuan daerah baik melalui bantuan berupa anggaran hingga kepercayaan terhadap Kabupaten OKU Selatan untuk menggelar sejumlah kegiatan, salah satunya Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang masuk dalam agenda (kalender) nasional beberapa waktu lalu.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para perintis pemekaran Kabupaten OKU Selatan, karena jika bukan karena perjuangan mereka tidak akan ada Kabupaten OKU Selatan seperti saat ini," ujarnya.

Bupati pun berharap kepada seluruh komponen masyarakat untuk bersama menyatukan visi dan misi dalam membangun Kabupaten OKU yang lebih baik di masa yang akan datang.

"Dengan digelarnya peringatan hari jadi ke-19 tahun Kabupaten OKU Selatan mari kita wujudkan Maju Bersama Menuju OKU Selatan Yang Lebih Sejahtera Sumsel Maju Untuk Semua," ujar dia.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2023