Penumpang KA di Stasiun Baturaja naik hingga100 persen saat libur Imlek

id Cuti bersama, tahun baru Imlek, penumpang kereta api, PT KAI, Stasiun Baturaja

Penumpang KA di Stasiun Baturaja naik hingga100 persen saat libur Imlek

Petugas Stasiun Baturaja, Sumsel, menyiapkan keberangkatan kereta api Ekspres Rajabasa, Senin (23/1/2023). ANTARA/Edo Purmana/23.

Baturaja (ANTARA) - Penumpang kereta api (KA) di Stasiun Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan melonjak lebih dari 100 persen selama libur cuti bersama dalam rangka perayaan Imlek 2574 atau tahun baru China 2023.

Kepala Stasiun KA Baturaja, Kabupaten OKU, Abdullah di Baturaja, Senin mengatakan bahwa lonjakan penumpang terjadi sejak Jumat (20/1) hingga hari ini.

"Rata-rata sejak Jumat lalu lebih dari 100 penumpang yang diberangkatkan. Hari ini saja sekitar 200 orang penumpang berangkat dari Stasiun Baturaja tujuan Kertapati Palembang maupun Baturaja-Tanjung Karang," katanya.

Biasanya atau di hari biasa pihaknya hanya mencatat sekitar 70 orang penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Baturaja.

"Artinya ada peningkatan penumpang selama libur cuti bersama ini mencapai lebih dari 100 persen," katanya.

Menurut dia, tingginya animo masyarakat menggunakan jasa angkutan transportasi umum tersebut karena biayanya relatif lebih murah dibandingkan jasa travel.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) tidak menaikkan harga tiket kereta api Express Rajabasa dengan tarif lama yaitu sebesar Rp29.000/orang.

Hanya saja, dalam keberangkatan kereta api para penumpang tetap wajib mematuhi protokol kesehatan, salah satunya memakai masker.

Selain itu, setiap calon penumpang dewasa juga wajib sudah mendapat vaksin penguat (booster) atau dosis ketiga dan dosis kedua bagi anak-anak sebagai syarat perjalanan menggunakan jasa angkutan umum tersebut.

"Protokol kesehatan 3M tetap dikedepankan dan wajib diterapkan oleh seluruh penumpang untuk mencegah agar COVID-19 tidak kembali menyebar," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Syarif Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2023