SKK Migas mengintegrasikan pabrikan lokal untuk industri migas nasional

id SKK MIGAS,INDUSTRI HULU MIGAS,DWI SOETJIPTO,MINYAK DAN GAS BUMI

SKK Migas mengintegrasikan pabrikan lokal untuk industri migas nasional

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto. ANTARA/Sugiharto Purnama

Jakarta (ANTARA) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) akan mengintegrasikan kemampuan para produsen lokal untuk menghasilkan produk baru, yang mampu menjawab kebutuhan industri hulu migas nasional.

"Jika kapasitas mereka diintegrasikan, maka produk-produk penunjang hulu migas buatan dalam negeri yang memenuhi standar internasional akan lebih banyak lagi. Hal ini tentunya akan mendukung pencapaian target produksi minyak satu juta barel per hari (BOPD) dan produksi gas 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD) pada tahun 2030," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Terkait hal tersebut, SKK Migas juga kembali mengadakan kegiatan forum kapasitas nasional (kapnas) pada pertengahan 2023 dengan mengusung tema "Pengembangan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri dalam rangka Peningkatan Kapasitas Nasional".

Selain untuk mendongkrak kinerja hulu migas dalam memenuhi target produksi, Dwi mengatakan pengembangan kandungan lokal di industri hulu migas akan menimbulkan dampak berganda bagi perekonomian nasional.

"Di sana, ada perluasan kesempatan berusaha dan penyerapan tenaga kerja lokal," ujarnya.

Sementara, Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas Rudi Satwiko mengatakan pada 2022, SKK Migas melakukan bussiness match making (menyatukan) para pabrikan atau penyedia jasa lokal dan memfasilitasi mereka agar kualitas produk atau jasanya bisa naik kelas.

Tahun ini, SKK Migas menindaklanjuti dengan mengintegrasikan kapasitas pabrikan dan penyedia jasa lokal supaya menghasilkan produk atau jasa baru yang memenuhi kebutuhan standar industri migas.

"Jika kapasitas mereka dipertemukan dan dikembangkan, produk-produk penunjang hulu migas buatan dalam negeri yang memenuhi standar internasional akan lebih banyak lagi. Barang produksi ini kemudian akan menjadi barang wajib lokal. Artinya, semua operator hulu migas (kontraktor kontrak kerja sama/KKKS) tidak boleh lagi mengimpor," kata Rudi.

SKK Migas, lanjut dia, terus mendorong KKKS untuk tidak mengabaikan penerapan TKDN di kegiatan hulu migas.

Apalagi, SKK Migas dan Ditjen Migas Kementerian ESDM telah mengeluarkan buku Apresiasi Produk Dalam Negeri (APDN) sebagai acuan yang menginventarisir peralatan atau perlengkapan kebutuhan industri hulu migas yang sudah tersedia di dalam negeri.

Pada tahun ini, SKK Migas juga akan memutakhirkan hasil kajian multiplier effect yang pernah dilakukan pada 2015.

Menurut Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi, pemutakhiran kajian itu akan mengukur dampak berganda yang tercipta dari aktivitas industri hulu migas, terutama setelah adanya peningkatan kapasitas para pelaku industri penunjangnya.

"Saya optimistis dengan pelaksanaan program peningkatan kapasitas nasional yang masif sejak 2015, dampak berganda yang tercipta jauh lebih besar dari sebelumnya," ucapnya.

Sebelumnya, pada 2022, SKK Migas membawa 20 perusahaan, termasuk operator migas (KKKS) dan penyedia jasa industri migas dalam negeri ke ajang Oil and Gas Asia (OGA) di Malaysia.

SKK Migas juga memfasilitasi sembilan pabrikan lokal untuk unjuk kemampuan di ajang Abu Dhabi International Petroleum and Conference (ADIPEC).

Adapun forum Kapnas III 2023 rencananya akan diadakan di Jakarta pada 26-27 Juli 2023. Seperti tahun sebelumnya, forum tersebut akan didahului dengan serangkaian kegiatan praforum Kapnas yang akan diadakan di Surabaya (3-4 Mei), Sorong (16-17 Mei), Balikpapan (30-31 Mei), Batam (14-15 Juni), dan Palembang (5-6 Juli).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: SKK Migas integrasikan pabrikan lokal untuk industri migas nasional