Kemenkumham Sumsel meningkatkan pelayanan dua kantor imigrasi

id Imigrasi, kemenkumham, init kerja keimigrasian, UKK, paspor, pelayanan paspor, pelayanan keimigrasian

Kemenkumham Sumsel meningkatkan pelayanan dua kantor imigrasi

Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya bersama pejabat pusat. (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pelayanan dua kantor imigrasi di provinsi dengan 17 kabupaten dan kota itu.

Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, momentum Hari Bhakti Imigrasi ke-73 tahun ini, dua kantor imigrasi di provinsi setempat didorong mengembangkan inovasi pelayanan dan menambah dua Unit Kerja Keimigrasian (UKK) yakni di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin dan Kota Lubuklinggau, kata
Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya di Palembang, Ahad.

Selain mengembangkan inovasi, pihaknya juga mendorong pegawai meningkatkan kinerja dan menjaga komitmen dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang keimigrasian.

Melalui upaya tersebut, diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik, puas, dan tanpa keluhan/komplain, kata Ilham.

Sementara Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel Herdaus menambahkan, untuk menyemarakkan peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-73 yang diperingati setiap 26 Januari, pihaknya melalui Kantor Imigrasi Palembang dan Kantor Imigrasi Muara Enim telah menggelar sejumlah kegiatan seperti donor darah, gotong royong, olahraga sepeda bersama, dan bersih-bersih rumah ibadah.

Untuk gowes di Palembang terpusat di Kantor Imigrasi Palembang Jakaring, dengan rute kawasan Jakabaring Sport City (JSC) - halaman Kantor Imigrasi TPI Palembang, kegiatan ini diikuti ratusan pegawai Imigrasi, dan pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Gowes juga digelar di Kantor Imigrasi Muara Enim, jaraknya kurang lebih delapan kilo meter dengan rute yang dilalui antara lain Jalan Bemban, Jl Raya Sudirman, Taman Adi Pura dan berakhir (finish) di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

“Mudah-mudahan melalui gowes tersebut memberikan manfaat, dapat membuat jajaran semakin solid, kompak, dan sehat, serta memiliki performa dan semangat tinggi," ujarnya.

Selain itu, pada kegiatan tersebut juga turut digelar kegiatan inovasi pelayanan keimigrasian paspor simpatik seperti Lapor Tunggu (layanan paspor hari Sabtu dan Minggu) .

Pekan lalu dibuka layanan Simpatik di Imigrasi Muara Enim, dengan jumlah permohonan sebanyak 13 orang dengan rincian pembuatan paspor baru 10 orang dan paspor pergantian atau perpanjang masa berlaku kepada tiga orang.

Sedangkan pekan ini dibuka layanan Simpatik di Imigrasi Palembang, pelayanan simpatik ini waktunya hanya sekitar empat jam, pihaknya membatasi jumlah pengajuan berkas permohonan pembuatan paspor maksimal 50 orang.

“Masyarakat cukup antusias memanfaatkan pelayanan paspor simpatik, terbukti setiap akhir pekan target pelayanan simpatik terpenuhi," ujar Herdaus.*