Menag sebut Imlek momen lakukan instrospeksi diri

id Imlek ,Menag,Instrospeksi diri

Menag sebut Imlek momen lakukan instrospeksi diri

Tangkapan layar Menag Yaqut Cholil Qoumas ucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2023. ANTARA/HO-Kemenag

Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai Tahun Baru Imlek dapat menjadi momen untuk melakukan introspeksi diri.

"Mari manfaatkan momentum Imlek ini untuk introspeksi diri, mengoreksi perjalanan tahun lalu dan merencanakan tahun berjalan," ujar Menag Yaqut dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Mengutip Pesan Kungce, Menag menyampaikan, bila suatu hari dapat membaharui diri, perbaharuilah terus tiap hari dan jagalah baharu selama-lamanya.

Ia berharap, kerukunan umat dapat terus terjaga untuk Indonesia hebat.

"Saya mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2574 Khongzili, Gong He Xin Xi, Wan Shi Ru Yi, kepada seluruh umat Khonghucu di Tanah Air dan seluruh warga masyarakat yang merayakannya," tuturnya.

Imlek adalah perayaan pergantian tahun dalam kalender China yang didasarkan pada penanggalan lunar atau bulan, sehingga penetapan tahun baru ini berbeda dengan tahun baru Masehi.

Tahun Baru Imlek 2023 jatuh pada hari ini, Minggu tanggal 22 Januari 2023. Adapun shio Imlek 2023 adalah kelinci air (water rabbit).

Secara terpisah, sejumlah pejabat negara juga turut mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 melalui unggahan akun Instagram resminya hari ini, salah satunya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

"Selamat Tahun Baru Imlek, semoga keberkahan dan kesuksesan menyertai," ujarnya di laman Instagram dia.

Ucapan Tahun Baru Imlek juga disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2023. Gongxi Facai. Semoga berlimpah kesejahteraan dan kebahagiaan di sepanjang tahun ini," tuturnya.

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menag nilai Imlek momen lakukan instrospeksi diri