Pemkab OKU Timur bantu percepatan pemulihan pendidikan di Cianjur

id Korban gempa bumi, bencana alam, bantuan dana, dunia pendidikan, Bupati OKU Timur

Pemkab OKU Timur bantu percepatan pemulihan pendidikan di Cianjur

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur, Wakimin menyerahkan bantuan dana pendidikan untuk korban gempa Cianjur, Rabu. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Ogan Komering Ulu Timur, Sumse (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, membantu percepatan pemulihan pendidikan bagi warga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, setelah dilanda bencana alam gempa bumi beberapa waktu lalu.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Martapura, Rabu, menyampaikan bahwa sebagai bentuk dukungan untuk membangkitkan dunia pendidikan khususnya bagi korban gempa Cianjur, pihaknya menyalurkan bantuan dana sebesar Rp162.200.000.

Donasi ini untuk membantu membangkitkan dunia pendidikan di Cianjur setelah  gempa bumi yang memporak-porandakan daerah itu beberapa waktu lalu.

"Karena kita ketahui bersama akibat gempa bumi tersebut tidak hanya menghancurkan rumah warga saja, melainkan banyak juga fasilitas sekolah yang rusak," katanya.

Berdasarkan data, kata dia, gempa bumi magnitudo yang terjadi di Cianjur pada 21 November 2022 lalu juga berdampak pada 135 bangunan sekolah SD, SMP serta SMA yang mengalami rusak berat dan ringan akibat bencana alam tersebut.

"Sebanyak 135 sekolah itu tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Cianjur. Salah satunya adalah SD Negeri Tegal Panjang yang mendapatkan bantuan langsung untuk rehabilitasi dari Pemkab OKU Timur," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur, Wakimin menambahkan bahwa bantuan tersebut diantar langsung ke Kabupaten Cianjur agar dapat segera dimanfaatkan untuk memulihkan dunia pendidikan di wilayah itu.

Dia menjelaskan, bantuan donasi tersebut berasal dari penggalangan dana yang melibatkan banyak pihak, mulai dari pemerintah daerah, pelajar dan para orang tua atau wali murid di Kabupaten OKU Timur.

"Bantuan yang kami salurkan ini sebagai bentuk kepedulian Pemkab OKU Timur terhadap tragedi gempa bumi yang melanda Cianjur," ujarnya.

Ia berharap dana bantuan tersebut dapat membantu rehabilitasi sekolah yang terdampak gempa bumi sehingga aktifitas belajar mengajar di wilayah itu bisa kembali normal seperti sediakala.