PMI OKU bantu korban gempa Cianjur

id Bantuan sosial, korban bencana alam, gempa Cianjur, PMI Kabupaten OKU, relawan PMI

PMI OKU bantu korban gempa Cianjur

Pengurus PMI Kabupaten OKU menyerahkan bantuan uang tunai untuk korban gempa Cianjur, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyalurkan bantuan uang tunai untuk membantu meringankan beban korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Ketua PMI Kabupaten OKU, Yunizir Djakfar di Baturaja, Kamis mengatakan, bantuan donasi berupa uang tunai sebesar Rp24,3 juta tersebut diserahkan langsung ke pengurus PMI Cianjur.

"Bantuan tersebut saya antarkan langsung ke Cianjur beberapa hari lalu bersama pengurus PMI OKU lainnya," katanya.

Dia menjelaskan, donasi yang disalurkan itu merupakan hasil penggalangan dana dari para relawan PMI, dan relawan lainnya yang dilaksanakan selama sepekan terakhir.

Menurut dia, awalnya bantuan hasil penggalangan dana ini akan dibelikan barang kebutuhan para korban gempa, namun bantuan berupa logistik dan makanan sudah sangat luar biasa mengalir ke Cianjur.

Untuk itu, kata dia, pihaknya memutuskan memberikan bantuan dana berupa uang tunai agar para relawan dan korban gempa dapat memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan lainnya.

"Bantuan yang kami berikan ini memang nilainya tidak seberapa, namun diharapkan dapat sedikit meringankan beban para korban bencana alam di Cianjur," harapnya.

Selain mengantarkan bantuan pihaknya juga ingin turun langsung melihat kondisi korban gempa bumi pasca bencana alam dan jika memang masih memerlukan tenaga relawan maka pihaknya siap membantu.

"Setelah meninjau secara langsung memang kondisi di lokasi kerusakan cukup parah namun sudah kondusif. Untuk relawan PMI sudah banyak yang turun di posko-posko bencana alam yang berasal dari berbagai daerah," ujarnya.

Ia berharap para korban gempa di Cianjur dapat tabah menerima musibah yang terjadi dan kembali bangkit untuk menatap masa depan.

"Mudah-mudahan dibalik musibah yang terjadi ini ada hikmah yang terbaik bagi seluruh warga Cianjur," harapnya.