1.174 orang lansia di Palembang telah divaksinasi booster kedua

id vaksinasi booster kedua lansia,stok vaksin pfizer palembang,protokol kesehatan ,dinkes palembang,pemkot palembang

1.174 orang lansia di Palembang telah divaksinasi booster kedua

Arsip foto - Petugas kesehatan menyuntikan dosis kedua vaksin COVID-19 Sinovac ke seorang tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (29/1/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang mencatat sebanyak 1.174 orang lanjut usia (Lansia) telah melakukan vaksinasi booster kedua dari target sasaran 128.519 orang.

Kepala Bidang Pengendalian dan Penyakit Menular Yudhi Setiawan di Palembang, Rabu, mengatakan vaksinasi booster kedua untuk lansia berusia di atas 60 tahun ini juga sebagai tindak lanjut surat edaran dari pemerintah pusat.

"Menindaklanjuti surat edaran dari pusat maka vaksinasi booster kedua ini sudah bisa dilakukan untuk lansia yang sebelumnya hanya tenaga kesehatan (nakes) dapat vaksinasi booster kedua," katanya.

Sementara pada vaksinasi booster tahap pertama untuk Lansia ini tercapai sebanyak 32.457 orang atau 25,25 persen

Jenis vaksinasi booster kedua yang digunakan untuk kelompok masyarakat lansia ini adalah jenis Pfizer. Teknis pelaksanaan vaksinasi ini diberikan dua dosis dengan interval pemberian 28 hari.

Kemudian ketersediaan vaksin jenis Pfizer di Puskesmas yang ada di kota Palembang per 6 Desember 2022 sebanyak 198 vial.

Pada Puskesmas Keramasan Palembang saat ini tersedia vaksin pfizer sebanyak 5 vial, Puskesmas Satu Ulu sebanyak 7 vial, Puskesmas Ariodillah 10 vial, Puskesmas Pembina 11 vial, dan Puskesmas Merdeka 12 vial.

Untuk Puskesmas Empat Ulu sebanyak 15 vial, Puskesmas Kenten 15 vial, Puskesmas Kalidoni 15 vial, Puskesmas Sosial 18 vial, Puskesmas Talang Ratu 19 vial, Puskesmas Sekip 21 vial, dan Puskesmas 11 Ilir 50 vial.

"Bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dapat mendatangi puskesmas-puskesmas tersebut untuk segara melakukan vaksinasi,"katanya

Dia menjelaskan vaksin ini bisa digunakan untuk dosis satu, dosis dua, dan booster satu bagi masyarakat atau semua kelompok usia yang belum divaksinasi. Satu vial vaksin pfizer itu sama dengan enam dosis yang berarti bisa digunakan untuk enam orang.

Dia mengimbau masyarakat walaupun sudah melakukan vaksinasi tetap harus mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan terus menggunakan masker.