JBI salurkan 74 ribu bibit tanaman untuk dua desa di OKU

id Bantuan bibit tanaman, program ketahanan pangan, pelestarian lingkungan, Jejak Bumi Indonesia, BPDAS Musi Sumsel

JBI salurkan 74 ribu bibit tanaman untuk dua desa di OKU

JBI Kabupaten OKU bersama BPDAS Musi Sumsel menyalurkan bantuan 37 ribu bibit pohon produktif secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Desa Pusar, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Lembaga Lingkungan Hidup Jejak Bumi Indonesia (JBI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendistribusikan bantuan sebanyak 74 ribu bibit tanaman produktif untuk dua desa di daerah itu.

"Dua desa itu adalah Desa Pusar dan Desa Tanjung Sari. Masing-masing mendapat bantuan 37 ribu bibit tanaman," kata pendiri JBI Kabupaten OKU, Hendra Setyawan di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, bantuan puluhan ribu bibit tanaman ini berasal dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Musi wilayah Sumatera Selatan guna menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan agar tetap produktif.

"Dalam hal ini JBI merekomendasikan dan mendampingi desa untuk mendapat bantuan bibit dalam upaya pembangunan program berkelanjutan," jelasnya.

Dia menjelaskan, dipilihnya dua desa ini karena masyarakat aktif melakukan gerakan menanam pohon dan termasuk dalam wilayah edukasi untuk melestarikan lingkungan sekitar, termasuk DAS.

Apalagi, kata dia, di kawasan Desa Pusar memiliki wisata alam Kubangan Naga sehingga diperlukan gerakan konservasi agar lingkungan sekitar tetap hijau dan lestari.

"Bibit-bibit tanaman ini nantinya akan ditanam bersama masyarakat di sepanjang DAS Ogan dan di wilayah hutan wisata Kubangan Naga yang ada di Desa Pusar," jelasnya.

Kepala BPDAS Musi Sumsel, Sulthani Aziz menjelaskan, bantuan ini merupakan program kebun bibit desa yang disalurkan untuk memberdayakan masyarakat sekaligus membangun ketahanan pangan desa berbasis pelestarian lingkungan hidup dan DAS.

Bibit tanaman ini diharapkan akan memperkuat ketahanan pangan desa dan menghasilkan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

"BPDAS Musi bersama JBI berkomitmen meningkatkan perekonomian masyarakat dari hasil bercocok tanam dan HHBK," ujarnya.