PTBA tanam pohon di Sawahlunto jalankan program penanaman serentak Menteri BUMN

id PTBA,bukit asam

PTBA tanam pohon di Sawahlunto jalankan program penanaman serentak Menteri BUMN

Direksi PTBA melakukan penanaman pohon di Sawahlunto, Sumatera Barat, Kamis (1/12/22). (ANTARA/HO)

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) yang merupakan anggota Grup MIND ID menanam pohon di Sawahlunto, Sumatera Barat, yang merupakan program penanaman pohon secara serentak di enam kota/kabupaten oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (1/12).

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi seluruh BUMN yang telah mendukung kegiatan Bulan Menanam Pohon Nasional, dimana sepanjang tahun 2022 telah melakukan penanaman pohon sebanyak 4.655.115 pohon atau melampaui target yang dicanangkan pada awal tahun yaitu 1.000.000 pohon.

"Dalam memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional ini, saya mengajak seluruh karyawan BUMN dan masyarakat luas untuk mendukung dan berpartisipasi dalam kampanye #Menanam Pohon Menanam Akhlak, mengingat menanam pohon merupakan contoh akhlak yang baik sebagai wujud kepedulian manusia terhadap alam sekitar," ujar Erick Thohir.

Di Sawahlunto, PTBA menanam 50 pohon manggis, 100 pohon durian, 100 pohon alpukat, 50 pohon pinang, 100 pohon nangka, dan 100 pohon lengkeng.

Lokasinya di TPA Kayu Gadang yang merupakan lahan pasca tambang PTBA dengan luas area penanaman mencapai 1,2 Hektare.

Penanaman pohon tersebut bermanfaat untuk reklamasi pasca tambang serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan penanaman pohon di Kota Sawahlunto dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra, General Manager PTBA Unit Pertambangan Ombilin Yulfaizon B Dahlioes, General Manager PTBA Unit Dermaga Kertapati Hengki Burmana, dan SVP Komersial PTBA Hadi Yuwono.

Direktur Pengembangan Usaha PTBA Rafli Yandra merasa bangga dapat turut berpartisipasi mendukung Bulan Menanam Pohon Nasional.

Pembangunan berkelanjutan merupakan tujuan akhir PTBA sebagai perusahaan pertambangan.

Sesuai dengan tujuan mulia (noble purpose) PTBA sebagai anggota MIND ID yakni menambang untuk membangun peradaban, kesejahteraan masyarakat, dan masa depan yang lebih baik (We explore natural resources for civilization, prosperity, and  brighter future).

"PTBA berterima kasih kepada pemerintah yang telah mengajak kami untuk terlibat dalam penanaman pohon bersama sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan. Kami berkomitmen untuk terus menerapkan kaidah pertambangan yang baik agar dapat mendorong bisnis yang berkelanjutan, serta berkontribusi dalam pembangunan perekonomian nasional," ujarnya.

Penanaman pohon serentak di enam titik oleh lima BUMN dilaksanakan di Bakauheni-Lampung, Sawahlunto-Sumatera Barat, Das Ciliwung-Jakarta, Kebumen, Semarang dan Magelang di Jawa Tengah.

Kegiatan Menanam Pohon Menanam AKHLAK yang diselenggarakan tanggal 1 Desember 2022 merupakan bentuk implementasi dari Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang penetapan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional.

Program menanam pohon ini juga merupakan kolaborasi Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) dalam mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 1 (tanpa kemiskinan), nomor 6 (Air Bersih dan Sanitasi Layak), nomor 8 (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), nomor 13 (Perubahan Iklim), nomor 15 (Kehidupan di Darat), dan nomor 17 (Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan).