Kemenkumham Sumsel siapkan empat satker bangun WBBM

id Kemenkumham Sumsel, satker, zona integritas, bangun WBBM, zona integritas wbbm, pelayanan publik

Kemenkumham Sumsel siapkan empat satker bangun WBBM

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto. (ANTARA/HO-Kemenkumham Sumsel/22)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan pada 2023 menyiapkan empat satuan kerja untuk membangun zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Empat satuan kerja (Satker) yang disiapkan membangun zona integritas WBBM yakni  Kanwil Kemenkumham Sumsel,  Kantor Imigrasi Palembang, Lapas Kelas I Palembang, dan Bapas Palembang, kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, keempat satker tersebut mulai melakukan berbagai pembenahan dan peningkatan pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Untuk mendapatkan sertifikasi zona integritas WBBM itu, keempat satker tersebut akan diikutkan dalam penilaian oleh tim Kemenpan Reformasi Birokrasi, kata Harun.

Sementara Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Idris  menjelaskan dalam membangun zona integritas menuju WBBM pada 2023, pihaknya telah melakukan evaluasi mandiri terhadap komponen pembangunan zona integritas.

Kemudian meningkatkan komitmen pimpinan dan seluruh jajaran, serta menciptakan inovasi pelayanan publik.

Untuk menuju WBBM, pihaknya  juga berupaya mengembangkan inovasi yang telah dihadirkan pada tahun sebelumnya seperti "SIKOK" Sumsel (Sistem Informasi Kolektif Online Kanwil Kemenkumham Sumsel) yang telah mengakomodasi seluruh layanan secara terpadu.

 Pihaknya juga akan mengembangkan   aplikasi pengajuan pelantikan notaris dan PPNS (Sipetik notaris dan PPNS) dan aplikasi layanan konsultasi hukum daring (online).

Kanwil Kemenkumham Sumsel  berupaya melakukan beberapa langkah strategis seperti memantau dan memonitoring efisiensi dan efektivitas program, kebijakan, inovasi yang telah dibuat jajaran satker yang tersebar di 17 kabupaten dan kota.

Kemudian membuat budaya hospitality dan orientasi terhadap pelayanan, serta menerapkan sistem penghargaan dan pemberian hukuman (reward and punishment), melaksanakan manajemen media yang baik, dan melaksanakan tindak lanjut dan evaluasi secara berkala.

Beberapa waktu lalu, Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas WBBM  Kanwil Kemenkumham Sumsel telah melakukan studi  ke Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sebagai salah satu satker kanwil yang sedang dievaluasi menuju WBBM oleh Tim Penilai Nasional (TPN) Kementerian PAN-RB tahun 2022 ini, ujar Idris.