Kebutuhan sembako di Palembang mencukupi jelang akhir tahun

id stok sembako palembang,sembako palembang jelang akhir tahun,operasi pasar,dinas perdagangan,pemkot palembang,berita pale

Kebutuhan sembako di Palembang mencukupi jelang akhir tahun

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang Raimon Lauri di Palembang, Selasa (29/11/2022). (ANTARA/Ahmad Rafli Baiduri/2022)

Palembang (ANTARA) - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Palembang memastikan pasokan kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) masyarakat di pasar-pasar tradisional mencukupi menjelang perayaan Natal 25 Desember 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Disdag Kota Palembang Raimon Lauri di Palembang, Selasa, mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan di sejumlah pasar tradisional dan agen sembako bahwa stok dan pasokan bahan pokok tetap aman menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami telah melakukan pemantauan di pasar-pasar tradisional bahwa ketersediaan bahan pokok yang ada saat ini mencukupi dan pasokannya pun dipastikan akan berjalan lancar seperti minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, telur, beras, daging, dan sebagainya" kata Raimon.

Ia mengatakan meski permintaan masyarakat untuk bahan pokok akan meningkat menjelang akhir tahun ini maka pihak distributor diminta menambah pasokan tersebut. Disdag Kota Palembang juga akan melakukan kordinasi dengan pihak Bulog terutama dalam pengadaan beras dan tepung terigu,

"Kami sudah meminta distributor untuk menambah pasokan kebutuhan sembako karena diyakini permintaan masyarakat akan meningkat dan terpenuhi," ucapnya.

Ia menjelaskan menjelang hari-hari besar keagamaan kebutuhan sembilan bahan pokok ini mengalami kenaikan harga karena banyak permintaan masyarakat sehingga pasokan tersebut berkurang, hal ini yang terkadang menyebabkan harga tidak stabil.

"Jika pasokan bahan pokok kurang inilah menyebabkan harga bahan pokok menjadi tidak stabil, maka dari itu distributor harus benar-benar menambah pasokan sehingga harga bahan pokok tetap stabil," jelasnya, jika terjadi harga tidak stabil dan pasokan kurang, Pemkot Palembang bekerja sama dengan Bulog akan melakukan operasi pasar (OP).

Sementara itu Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) setempat dalam beberapa pekan ini terus melakukan sidak ke pasar-pasar untuk memastikan produk makanan dan minuman yang beredar di pasaran aman dikonsumsi masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kegiatan ini biasa kami lakukan menjelang hari-hari besar nasional agar hal yang tidak diinginkan yang merugikan konsumen tidak terjadi," katanya.

Dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati memilih produk dan cerdas memilih makanan, jangan sampai membahayakan mengkonsumsi produk makanan dan minuman yang tidak jelas atau kadaluarsa.

Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat menjelang tahun baru tidak berlebihan dalam merayakannya, karena pandemi COVID-19 belum selesai. Oleh sebab itu tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menghindari kerumunan, dan menjaga kebersihan lingkungan.