Dinas Perkim OKU targetkan renovasi 50 rumah warga pada 2023

id Program bedah rumah, rumah tidak layak huni, warga miskin, Dinas Perkim OKU

Dinas Perkim OKU targetkan renovasi 50 rumah warga pada 2023

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten OKU Ulia Mahdi. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, menargetkan sebanyak 50 unit rumah warga tidak layak huni direnovasi melalui program bedah rumah gratis pada 2023.

"Tahun depan ditargetkan sebanyak 50 unit rumah warga Kabupaten OKU dibedah secara gratis oleh pemerintah," kata Kepala Dinas Perkim Kabupaten OKU Ulia Mahdi di Baturaja, Sumsel, Kamis.

Puluhan rumah tidak layak huni yang akan direnovasi melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI tersebut tersebar di beberapa kecamatan.

Termasuk beberapa unit rumah penduduk di Dusun VI Desa Seleman, Kecamatan Semidang Aji, juga menjadi prioritas untuk direnovasi agar layak ditempati.

"Di desa ini masih banyak rumah warga yang layak mendapat bantuan bedah rumah gratis karena kondisinya berdinding papan dan berlantai tanah dan itu sesuai syarat sebagai penerimaan bantuan," jelasnya.

Untuk itu, kata dia, masyarakat diminta menyiapkan beberapa syarat seperti surat tanah hak milik serta foto rumah yang akan direnovasi dan data-data tersebut diberikan kepada RT/RW atau kelurahan untuk segera diajukan ke Dinas Perkim Kabupaten OKU.

"Setelah diajukan nantinya tim kami akan turun ke lapangan untuk melakukan survei mengenai layak atau tidaknya rumah tersebut untuk direnovasi," katanya.

Setiap warga penerima bantuan bedah rumah di tahun 2023, kata dia, nantinya akan dibantu dana sebesar Rp20 juta untuk membeli bahan material guna memperbaiki bangunan rumah agar layak dihuni.

Jumlah bantuan tersebut meningkat dibandingkan tahun ini yaitu sebesar Rp17,5 juta per unit seiring dengan naiknya harga bahan material bangunan di pasaran.

Melalui program ini, Ulia berharap dapat membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu agar memiliki rumah yang nyaman dan layak dihuni bersama keluarga.

"Program ini kami jalankan setiap tahun dengan target seluruh masyarakat Kabupaten OKU agar memiliki rumah yang layak dihuni," ujar Ulia seraya menambahkan tahun ini Dinas Perkim Kabupaten OKU telah merampungkan bedah rumah warga tidak layak huni sebanyak 105 unit.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022