Sumsel kirim beras dan obat-obatan untuk korban gempa Cianjur

id bantuan sumatera selatan,bantuan untuk cianjur,gempa cianjur

Sumsel kirim beras dan obat-obatan untuk korban gempa Cianjur

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Kota Palembang, Kamis (24/11/2022), melepas kendaraan yang mengangkut bantuan beras, obat-obatan, dan tenda peleton untuk korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengirim 25 ton beras dan obat-obatan untuk membantu korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

"Semoga bisa membantu meringankan beban korban terdampak bencana," kata Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Kota Palembang, Kamis, saat memberangkatkan kendaraan pengangkut bantuan ke Cianjur.

Dia mendoakan warga Kabupaten Cianjur diberi kekuatan dalam menghadapi dampak bencana serta dihindarkan dari dampak gempa susulan.

"Termasuk di Sumsel, harapannya dihindarkan dari situasi kebencanaan dan diberikan kesiapan menghadapinya," kata Gubernur, didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan Mirwansyah.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan Iqbal Alisyahbana mengatakan bahwa selain menyalurkan beras, obat-obatan, dan dua tenda peleton, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengirim bantuan personel ke Cianjur.

Menurut dia, pemerintah provinsi mengirim personel untuk membantu evakuasi korban gempa serta penanganan dampak bencana di Kabupaten Cianjur.

Personel yang dikerahkan untuk membantu penanganan dampak bencana melakukan perjalanan melalui jalur darat menuju ke Cianjur dan diperkirakan tiba di tujuan dalam tiga hari.

"Personel yang dikerahkan ke Cianjur, masa tugasnya kondisional untuk membantu segala sesuatu upaya pertolongan di sana," kata Iqbal.

Gempa bumi yang terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) siang, menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (23/11) telah menyebabkan 271 orang meninggal.

Selain itu, gempa bumi yang terjadi di Cianjur menyebabkan lebih dari seribu orang terluka dan puluhan ribu orang mengungsi serta mengakibatkan kerusakan 56.329 rumah, 31 sekolah, 124 tempat ibadah, tiga fasilitas kesehatan, dan 13 gedung/perkantoran.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumatera Selatan kirim beras dan obat untuk korban gempa di Cianjur