BMKG: Sejumlah wilayah Sumsel berpotensi hujan lebat sore ini

id BMKG,cuaca,iklim,hujan,hujan lebat,bmkg sumsel,sumsel,cuaca sumsel

BMKG: Sejumlah wilayah Sumsel berpotensi hujan lebat sore ini

Arsip - Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi/pri)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan sejumlah wilayah kabupaten/kota setempat mengalami hujan lebat pada siang hingga sore hari, Rabu.

Rilis pers diterima Antara, wilayah tersebut meliputi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, OKU Selatan, Lahat, dan Muara Enim.

Kemudian yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Pagar Alam, Ogan Ilir, Palembang dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sedangkan pada pagi hari, BMKG memprakirakan cuaca berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas, Banyuasin dan OKI.

Sedangkan pada malam hari diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang - lebat di wilayah Muara Enim, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Palembang, Banyuasin dan OKI. Adapun yang berpotensi hujan ringan di wilayah Lubuk Linggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Empat Lawang.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah OKU, Muara Enim, Ogan Ilir, OKI, Prabumulih dan Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 34 derajat Celcius, dengan kelembapan udara 55 persen - 96 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 21 – 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 persen - 98 persen.

Angin bergerak dari Tenggara - Barat dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter, di Selat Gelasa 0,5 -1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan 1,25 – 2,50 meter. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan, dengan arah angin bergerak dari Tenggara - Barat Laut dengan kecepatan 4 – 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang - sore hari di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Timur, OKU Selatan, Lahat, dan Muara Enim.

Sedangkan pada pada malam - dini hari di wilayah OKU, Muara Enim, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih, Palembang, Banyuasin dan OKI.*