KPU Palembang verifikasi faktual 2.711 anggota parpol nonparlemen

id KPU Palembang, verfak, verifikasi faktual, verifikasi anggota parpol, parpol non parlemen

KPU Palembang verifikasi faktual 2.711 anggota  parpol nonparlemen

Ilustrasi Pemilu 2024. ANTARA/ilustrator/Kliwon

Palembang (ANTARA) - KPU Kota Palembang, Sumatera Selatan, melakukan verifikasi faktual terhadap 2.711 anggota sembilan partai politik nonparlemen calon peserta Pemilu 2024 di 18 kecamatan dalam kota setempat.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Palembang Muhammad Joni di Palembang, Senin, mengatakan bahwa verifikasi faktual terhadap anggota parpol tersebut pada tanggal 18 Oktober hingga 4 November 2022.

Setelah melakukan verifikasi faktual kepengurusan sembilan parpol nonparlemen selama 2 hari terakhir, mulai Selasa (18/10), pihaknya melakukan verifikasi faktual anggota parpol di 18 kecamatan se-Kota Palembang.

"Berdasarkan data dari parpol tersebut, secara keseluruhan ada 2.711 warga Palembang yang tercatat sebagai anggota yang akan kami verifikasi faktual langsung ke alamat rumahnya masing-masing," ujarnya.

Dikatakan pula bahwa verifikasi faktual anggota sembilan parpol nonparlemen yang dinyatakan lolos oleh KPU RI pada tahap verifikasi administrasi menjadi peserta Pemilu 2024 dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Berdasarkan rapat koordinasi dengan partai politik di tingkat Kota Palembang, disepakati pada hari pertama KPU Kota Palembang memverifikasi anggota Partai Gelora yang mencapai 284 orang tersebar di 18 kecamatan.

Secara keseluruhan sembilan partai politik yang akan dilakukan verifikasi faktual, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia (Partai Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Partai Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Partai Hanura), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Ummat.

Sebelumnya, kata Joni, hasil verifikasi administrasi terhadap 24 partai politik tercatat 18 parpol lolos dan enam parpol gugur.