Dinas Perkim Kabupaten OKU bedah ratusan rumah tidak layak huni

id Program bedah rumah, rumah tidak layak huni, warga miskin, bantuan pemerintah, Dinas Perkim OKU

Dinas Perkim Kabupaten OKU bedah ratusan  rumah tidak layak huni

Sekretaris Dinas Perkim Kabupaten OKU Hasan H.D. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan pada tahun ini melakukan kegiatan bedah ratusan rumah tidak layak huni milik masyarakat miskin di daerah itu.

Sekretaris Dinas Perkim OKU Hasan H.D. di Baturaja, Jumat, mengatakan ratusan rumah warga ini diperbaiki melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun anggaran 2022.

"Ada sekitar 300 unit rumah milik warga miskin di OKU yang tersentuh program pemerintah tersebut," katanya.

Ratusan rumah yang masih dalam tahap renovasi tersebut tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU antara lain Baturaja Barat dan Baturaja Timur.

Setiap rumah dibantu dana melalui program BSPS dari pemerintah pusat untuk membeli bahan material bangunan Rp20 juta.

"Dana tersebut untuk membeli bahan material, termasuk upah tukang. Saat ini proses pengerjaan sudah hampir mencapai 100 persen dan ditargetkan rampung sebelum akhir tahun nanti," katanya.

Dia menjelaskan masyarakat yang menerima bantuan program bedah rumah ini sebelumnya sudah melalui proses pendataan dan dinyatakan memenuhi syarat kriteria penerima bantuan dari pemerintah pusat.

Sejumlah syarat dan kriteria penerima bantuan, antara lain atap rumah terbuat dari daun, dinding rumah berbahan bambu dan berlantai tanah.

Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat miskin di wilayah setempat agar memiliki rumah yang layak dihuni.

"Mudahan-mudahan program ini dapat membantu masyarakat agar memiliki rumah yang nyaman dan layak ditempati," ujarnya.