Menparekraf Sandiaga Uno buka pendaftaran festival film untuk wilayah Sumatera

id Aceh,Festival Film,Menparekraf,ekonomi,bisnis,ekonomi kreatif,karya film,film pendek

Menparekraf Sandiaga Uno buka pendaftaran festival film untuk wilayah Sumatera

Menparekraf Sandiaga Uno (ANTARA/HO/Dok Kemenparekraf)

Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menunjukkan komitmennya untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi kreatif dengan membuka kembali pendaftaran festival film bulanan untuk wilayah pulau Sumatera.

“Oktober ini kita buka pendaftaran untuk sineas yang ada di lokus tiga, yaitu Aceh, Sumatera, dan Bangka Belitung," kata Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima di Banda Aceh, Senin.

Sandi mengatakan, sebelumnya festival film bulanan tersebut juga telah dibuka untuk Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Gorontalo. Karena itu kembali dibuka pendaftaran untuk sineas yang berada di wilayah Aceh, Sumatera, dan Bangka Belitung.

"Ini saatnya unjuk eksistensi dengan cara mendaftarkan karya film pendek di www.festivalfilmbulanan.com mulai tanggal 2 sampai 12 Oktober 2022”, ujarnya.

Melalui festival film bulanan ini, Sandi berharap bisa memperluas jejaring, membuka jalur distribusi, menstimulasi sineas lokal untuk mengembangkan potensi, dan menghidupkan ekosistem perfilman di setiap wilayah.

“Kami di Kemenparekraf berharap festival film bulanan ini bisa mendorong para sineas agar semakin produktif, sehingga peluang usaha dan lapangan kerja di sektor ekonomi kreatif setiap wilayah terbuka seluas-luasnya," kata Menparekraf.

Sandi optimis, karya dari teman-teman di lokus tiga tersebut tidak kalah dengan wilayah lain, dan akan menjadi momentum terbaik untuk menunjukkan berbagai potensi lokal.

“Ini kesempatan terbaik yang tidak boleh dilewatkan, ayo, saatnya sineas lokus tiga beraksi, perlihatkan kearifan lokal dan gali akar nusantara melalui sinema," ujar Sandi.

Sandi menuturkan, sebagai bentuk apresiasi untuk dua film yang terpilih nantinya Kemenparekraf bakal memberikan sertifikat dan suvenir, publikasi di portal nasional, serta penayangan poster film di sejumlah area gedung Kemenparekraf.

Selain itu, film terpilih juga akan ditayangkan secara premier di kanal YouTube Kemenparekraf selama satu bulan dan menjadi nominasi di malam anugerah festival film bulanan.

“Segera daftarkan karya terbaik kalian di festival film bulanan. Jangan lewatkan kesempatan yang sudah di depan mata, karena mahakarya akan selalu menemukan jalannya," kata Sandiaga Uno.