Pemilik gudang BBM ilegal yang meledak ditetapkan sebagai tersangka

id BBM Ilegal Ogan Ilir,Polres Ogan Ilir,pemilik gudang bbm ilegal,tersangka pemilik gudang bbm,gudang bbm ilegal terbakar

Pemilik gudang BBM ilegal yang meledak ditetapkan sebagai tersangka

Ilustrasi - Kobaran api dan asap hitam ledakan sebuah gudang penampungan bahan bakar minyak (BBM) di Jalan Mayjen Satibi Darwis, Kertapati, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (22/9/2022). ANTARA/M Riezko Bima Elko P (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Penyidik kepolisian menetapkan seorang pria pemilik gudang penampungan bahan bakar minyak (BBM) ilegal yang meledak pada Senin (26/9), di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, sebagai tersangka.

Kasatreskrim Polres Ogan Ilir AKP Regen Kusuma, di Indralaya, Ogan Ilir, Kamis, mengatakan tersangka pemilik gudang penampungan BBM ilegal di Desa Tanjung Pering, Inderalaya Utara, Ogan Ilir itu berinsial Y, merupakan warga desa setempat.

Penetapan status tersangka kepada Y dilakukan oleh penyidik Satreskrim Polres Ogan Ilir setelah mengantongi cukup barang bukti didukung dengan keterangan saksi.

“Sekaligus penyidik sudah mendapatkan keterangan dari tersangka yang saat ini ditahan usai menyerahkan diri dengan cara diantarkan pihak keluarganya, Rabu (29/9) ke Mapolres Ogan Ilir,” kata dia dalam pesan singkatnya.
Baca juga: Polrestabes Palembang tahan oknum polisi pemilik usaha penampung BBM ilegal

Dari proses penyelidikan tersebut, Y disangkakan melanggar Pasal 188 KUHP terkait kelalaian hingga menyebabkan objek gudang penampungan BBM meledak dan terbakar.

Lalu, Pasal 40 angka 9 Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja sebagai perubahan atas Pasal 55 UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi.

Namun, Regen menyebutkan terkait keseluruhan kasus ini secara rinci akan disampaikan kepolisian dalam jumpa pers yang diagendakan pada Senin pekan depan.

Di mana penyidik akan memastikan proses pemeriksaan terhadap tersangka Y dan termasuk menelusuri kemungkinan ada keterlibatan tersangka lain secara profesional dan proporsional.

Kasus penimbunan BBM ilegal yang meledak pada Senin (26/9) malam itu menjadi atensi khusus Kapolda Sumsel Irjen Pol. Toni Harmanto sehingga akan ditindaklanjuti hingga tuntas, kata Regen.
Baca juga: Polda sumsel amankan gudang pengolahan BBM ilegal
Baca juga: Tim Laboratorium forensik Polda Sumsel selidiki kebakaran gudang BBM di Ogan Ilir