Dinkes OKU gencarkan vaksinasi COVID-19 penguat dosis kedua

id Vaksin penguat tahap kedua, vaksin lanjutan, COVID-19, tenaga kesehatan, Dinas Kesehatan OKU

Dinkes OKU gencarkan vaksinasi COVID-19 penguat dosis kedua

Seorang tenaga kesehatan di Kabupaten OKU divaksin dosis keempat, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menggencarkan vaksinasi COVID-19 penguat dosis kedua yang menyasar ribuan tenaga kesehatan di daerah setempat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Kamis, menyampaikan saat ini pihaknya sedang menggencarkan vaksinasi penguat dosis kedua untuk tenaga kesehatan.

Andi mengemukakan dalam pelaksanaan pemberian vaksin penguat dosis kedua dilakukan di seluruh Puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.



Pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga (penguat) menyasar tenaga kesehatan di daerah itu yang mencapai 3.000 orang.

Prioritas pemberian vaksin terhadap tenaga kesehatan, karena menjadi garda terdepan dalam menanggulangi wabah COVID-19 di wilayah itu.

"Mereka sangat rentan tertular, sehingga harus mendapat prioritas pemberian vaksin guna membentuk kekebalan tubuh dari paparan COVID-19," ujarnya.

Ia mengatakan vaksin lanjutan ini merupakan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) guna memperkuat daya tahan tubuh para nakes.



Selain itu, lanjutnya, vaksinasi penguat (booster) bagi masyarakat juga sangat mendesak untuk ditingkatkan. "Capaian vaksinasi penguat dosis pertama  bagi masyarakat masih rendah, sehingga menjadi prioritas untuk dimaksimalkan," ujarnya. Berdasarkan data, cakupan program vaksinasi di Kabupaten OKU secara keseluruhan untuk dosis pertama mencapai 82,6 persen, dosis kedua 67,9 persen, dan vaksin penguat tahap pertama 19,0 persen dari 269.955 target sasaran.