Sumsel gelar kompetisi sepak bola U-20 jaring bibit atlet muda

id sepak bola,pesepak bola,kompetisi,gubernur sumsel,piala dunia,sumsel

Sumsel gelar kompetisi sepak bola U-20 jaring bibit atlet muda

Gubernur Sumsel Herman Deru menendang bola untuk menandai dimulainya kompetisi sepak bola U-20 memperebutkan Piala Gubernur di Lapangan Sepak Bola Desa Sebau Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Senin (19/9/22). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar kompetisi sepak bola usia di bawah 20 tahun (U-20) memperebutkan Piala Gubernur Sumsel di 17 kabupaten/kota untuk menjaring atlet muda berbakat.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, kompetisi yang digelar sejak tahun ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan peran Sumsel sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023.

“Sepak bola harus digelorakan di Sumsel, bukan hanya di Palembang tapi hingga kabupaten/kota,” kata Herman Deru saat membuka pertandingan turnamen sepak bola Road to Gubernur Cup 2022 di Lapangan Sepak Bola Desa Sebau Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim, Senin.

Melalui kompetisi usia muda ini, Sumsel berharap dapat menelurkan atlet-atlet muda berbakat yang dapat memperkuat Tim Nasional.

Khusus untuk olahraga sepak bola ini, Sumsel juga memiliki program “Gerakan Sejuta Bola” yakni gerakan untuk memasifkan olahraga sepak bola di kalangan anak usia dini dan remaja.

Program ini sebagai komitmen Pemprov Sumsel dalam mencari bibit pesepak bola muda.

"Dengan cara ini, bibit-bibit pesepak bola berprestasi yang sebelumnya tidak terlihat akan muncul,” kata dia.

Hingga kini masyarakat Sumsel menginginkan ada putra daerah yang mampu mewakili Indonesia di kancah nasional maupun internasional.

Apalagi, sepak bola merupakan olahraga masyarakat yang bergengsi dan paling digandrungi di seluruh dunia.

"Jadi manfaatkan momen ini sebaik mungkin. Karena bukan tidak mungkin, klub Sriwijaya FC yang kita miliki diisi oleh pesepakbola asal Gelumbang ini," kata dia.

Sementara itu, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan mengatakan Kompetisi Sepak Bola U-20 tingkat Zona III Kabupaten Muara Enim ini diikuti oleh enam tim berasal dari Kecamatan Lembak, Kelekar, Gelumbang, Muara Belida, Sungai Rotan dan Belida Darat.

“Nantinya pemenang akan mewakili Kabupaten di tingkat provinsi,” kata dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022