Dinas Perikanan dan Peternakan OKU ajak masyarakat gemar makan ikan

id Program Germarikan, konsumsi daging ikan, populasi ikan, tebar benih ikan, Diskannak OKU,Diskannak OKU Sumsel ajak masya

Dinas Perikanan dan Peternakan OKU ajak masyarakat gemar makan ikan

Diskannak OKU menebar sebanyak 18 ribu ekor benih ikan di Sungai Ogan dalam rangka memperingati HUT OKU ke 112 tahun 2022 pada 29 Juli 2022. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) mengajak masyarakat di daerah itu untuk gemar makan ikan guna meningkatkan daya fikir anak agar semakin cerdas.

Kepala Diskannak OKU, Tri Aprianingsih di Baturaja, Sabtu mengatakan, ikan merupakan makanan yang rendah kalori serta memiliki kandungan protein dan omega 3 yang tinggi sehingga menjadi makanan yang sangat baik untuk dikomsumsi setiap hari.

Di Kabupaten OKU, kata dia, ikan sungai segar begitu mudah didapat baik dibeli di pasar maupun dengan cara menangkap langsung di Sungai Ogan sehingga direkomendasi bagi masyarakat untuk dijadikan menu harian yang tepat untuk keluarga.

Adapun manfaat mengkonsumsi daging ikan antara lain dapat meningkatkan kecerdasan otak pada anak, mencegah demensia, mengatasi penyakit kanker, menyehatkan jantung dan membantu menyehatkan persendian.

Daging ikan juga dapat menyehatkan mata, membantu kesehatan janin pada ibu hamil, menurunkan berat badan serta menjaga imun pada tubuh.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten OKU pihaknya menggalakan program Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Germarikan) ke sekolah-sekolah sehingga anak-anak usia dini mengerti betapa besar dan pentingnya manfaat dari mengkonsumsi daging ikan.

Program Germarikan ini dilaksanakan dengan harapan agar tingkat konsumsi daging ikan di Kabupaten OKU mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Berdasarkan data pada tahun 2022 angka konsumsi ikan di OKU mencapai 40 kilogram perkapita atau meningkat dibandingkan tahun lalu yaitu hanya 30 kilogram perkapita," katanya.

Selain menggalakan program Germarikan, pihaknya juga sejak beberapa tahun terakhir proaktif melakukan penebaran benih ikan di Sungai Ogan.

"Untuk tahun ini sebanyak 18 ribu ekor benih ikan sudah kami tebar di Sungai Ogan pada Juli 2022. Kegiatan ini bertujuan guna menambah jumlah populasi ikan di sungai agar bertambah banyak," ujarnya.