Perhiptani programkan penggemukan sapi di OKU Timur

id Perhiptani Sumsel, pengembangan ternak sapi, peternak sapi, ketahanan pangan, Pemkab OKU Timur

Perhiptani programkan penggemukan sapi di OKU Timur

Bupati OKU Timur Lanosin memberikan bantuan dana secara simbolis untuk peternak sapi melalui Dana KUR Bank Sumsel Babel, Kamis. (ANTARA/Diskominfo OKU Timur/22)

Martapura (ANTARA) - Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Sumatera Selatan melakukan program pengembangan dan penggemukan sapi di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur guna meningkatkan populasi hewan ternak di daerah itu.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Perhiptani Sumsel, Listoyo di Martapura ibu Kota Kabupaten OKU Timur, Kamis menyampaikan bahwa kegiatan pilot project penggemukan sapi ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan peternak dan mendukung Sumatera Selatan Mandiri Pangan.

Program ini dengan memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Sumsel Babel yang difasilitasi oleh Perhiptani dengan target dapat meningkatkan jumlah populasi hewan ternak sapi di OKU Timur.

Perhiptani Sumsel berupaya keras mewujudkan ketahanan pangan untuk komoditas daging sapi melalui program pengembangan dan penggemukan ternak tersebut.

Pihaknya juga akan terus membangun komunikasi aktif dengan pemerintah dan pemangku kepentingan agar program tersebut berjalan maksimal sehingga peternak dapat hidup sejahtera.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah mengapresiasi Perhiptani Sumsel yang telah melakukan program pengembangan dan penggemukan sapi di daerahnya. "Hal ini sangat luar biasa karena tidak menggunakan anggaran APBD yaitu dengan menggunakan dan KUR yang dibantu Bank Sumsel Babel," kata Bupati.

Melalui dana KUR Bank Sumsel Babel memberikan dana bantuan modal sebagai upaya menciptakan lapangan kerja baru bagi para peternak sapi di wilayah itu.

"Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak sapi di OKU Timur," harapnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Bank Sumsel Babel, Oktiandi menyampaikan akan selalu mendukung program Bupati OKU Timur, salah satunya mewujudkan ketahanan pangan untuk komoditas ternak sapi.

Sebagai bentuk dukungan pihaknya memberikan bantuan dana sebesar Rp2,5 miliar kepada 50 orang sebagai modal pengembangan ternak sapi. "Masing-masing penerimaan bantuan mendapat dana Rp50.000.000 untuk modal usaha peternakan," ujarnya.