Polda Sumsel optimalkan fungsi preventif cegah gangguan kamtibmas

id efektif, efektifkan tugas preventif, polda sumsel, preventif, kamtibmas, gangguan kamtibmas, cegah, pencegahan, antisipasi, pamobvit, polri, presisi

Polda Sumsel optimalkan fungsi preventif cegah gangguan kamtibmas

Kapolda Sumsel Irjen Pol.Toni Harmanto. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya  mengoptimalkan tugas dan fungsi preventif semua personel di jajarannya guna mencegah terjadinya berbagai kriminalitas dan gangguan kamtibmas.

"Kami berupaya mengoptimalkan tugas dan fungsi preventif dalam pencegahan sesuai program Polri yang Presisi," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol.Toni Harmanto, di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa secara garis besar Polri dibagi menjadi dua dalam kegiatan aktivitas kepolisian.

"Aparat kepolisian itu terbagi menjadi dua kegiatan aktivitas yakni polisi yang berseragam dan polisi yang tidak berseragam, " ujarnya.

Apalagi fungsi kepolisian tentunya semua peserta dalam kegiatan ini memahaminya mengenai tugas pokok seperti contoh kegiatan patroli tidak hanya sekedar patroli saja tapi tujuannya adalah kehadiran pihak kepolisian sebagai bentuk pencegahan terhadap para pelaku kejahatan.

"Kami menilai setiap pelaku kejahatan memiliki niat dan kesempatan, tapi kalau ada niat dan tidak ada kesempatan karena adanya anggota yang hadir untuk pencegahan dengan melakukan patroli, maka tidak ada tindak kejahatan," ujar Toni.

Selain itu juga perlu dilakukan evaluasi hingga masukan sehingga menjadi terarah, dan potensi dari kuantitas kejahatan akan kecil. 

Evaluasi sangat dibutuhkan dalam melakukan tugas seperti halnya patroli harus dilakukan evaluasi agar pelaksanaan waktunya tepat sarana dan menyentuh daerah yang rawan kejahatan.

Melalui upaya tersebut diharapkan anggota yang berseragam tidak akan membuka ruang bagi kejahatan selain itu juga objek vital perlu dilakukan dengan benar dan baik serta berkontribusi terhadap pendapatan negara. 

Sehingga hal sekecil apapun bisa dideteksi seperti mobil yang mencurigakan dengan menggunakan teknologi akan muncul data kendaraan tersebut dengan menggunakan plat kendaraan. 

Melalui upaya tersebut diharapkan setiap gerak gerik pelaku kejahatan dan orang-orang yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dapat diantisipasi dan ditangani dengan baik, kata Kapolda.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022