BMKG sebut Sumsel berpotensi cerah berawan hingga hujan

id BMKG,BMKG Sumsel,Sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

BMKG sebut Sumsel berpotensi cerah berawan hingga hujan

Pengendara menerobos hujan saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat mengalami cuaca cerah berawan hingga hujan, Sabtu.

Rilis yang diterima Antara di Palembang menyebutkan, pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan di 17 kabupaten/kota Sumsel.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Musi Rawas, Lahat dan Pagar Alam.

Baca juga: BMKG: sebagian wilayah Indonesia diguyur hujan

Kemudian, daerah yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah Kabupaten Prabumulih, Lubuklinggau, Empat Lawang dan Musi Rawas Utara.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan sedang di wilayah Muara Enim, Musi Banyuasin, Prabumulih, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur dan Banyuasin. Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah Musi Rawas, OKI, Lahat, Pagaralam dan Empat Lawang.

Baca juga: BMKG: Wilayah Sumatera Selatan berpotensi hujan

Pada dini hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi kabut.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C dengan kelembapan udara 55 persen - 97 persen.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan turun di sejumlah kota besar

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 32 °C dengan kelembapan udara 60 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Timur - Selatan dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 – 1,25 m, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,1 – 0,5 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari Timur – Selatan dengan kecepatan 5 – 28 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Musi Rawas, Lahat dan Pagar Alam.*