Bupati OKU ajak masyarakat kibarkan bendera merah putih

id Pembagian bendera merah putih, Gerakan 10 Juta Bendera, HUT RI, warga OKU

Bupati OKU ajak masyarakat kibarkan bendera merah putih

Pejabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah membagikan bendera merah putih dalam Gerakan 10 Juta Bendera untuk menyemarakkan HUT RI ke 77 tahun 2022, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Pejabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Teddy Meilwansyah mengajak masyarakat di daerah itu untuk mengibarkan bendera merah putih guna menyemarakkan HUT RI ke 77 tahun 2022.

"Hal itu dilakukan untuk menghargai jasa para pejuang yang telah merebut kemerdekaan Republik Indonesia," kata Teddy Meilwansyah disela-sela kegiatan pembagian bendera merah putih dalam Gerakan 10 Juta Bendera di Jalan Ahmad Yani Kota Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih ini merupakan gerakan nasional yang digagas oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di seluruh lndonesia.

Untuk Kabupaten OKU sendiri, kata dia, pihaknya membagikan sebanyak 17.822 lembar bendera yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat di wilayah itu.

Ribuan bendera merah putih yang dibagikan kepada masyarakat OKU itu berasal dari  kolaborasi perusahaan BUMN/BUMD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab OKU.

"Bendera yang dibagikan ini untuk dikibarkan oleh warga di halaman rumah masing-masing selama periode Agustus 2022 dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022," tegasnya.

Pengibaran bendera merah putih dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme masyarakat Kabupaten OKU dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat semangat nasionalisme seluruh lapisan masyarakat di negeri ini," ujarnya.