Pemkab OKU berdayakan pelaku usaha lokal melalui e-katalog

id Pelaku usaha lokal, e-katalog, penyedia barang dan jasa, Pemkab OKU

Pemkab OKU berdayakan pelaku usaha lokal melalui e-katalog

Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU menyalurkan bantuan etalase kepada pelaku UMKM di daerah itu, Minggu (7/8). (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) memberdayakan pelaku usaha lokal agar dapat mempromosikan produknya melalui sistem e-katalog yang telah diterapkan sejak Juli 2022.

"E-katalog atau sistem pengadaan barang/jasa secara daring ini sudah diterapkan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemkab OKU," kata Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda OKU, Karel Akbar di Baturaja, Selasa.

Melalui sistem ini, Karel mengajak penyedia barang dan jasa lokal di Kabupaten OKU untuk memanfaatkan e-katalog dengan 10 etalase yang saat ini disediakan pemerintah tersebut.

Sebanyak 10 etalase yang dimaksud antara lain kebutuhan makan dan minum, pakaian dinas, alat tulis kantor, jasa servis kendaraan, jasa bahan bangunan, jasa keamanan, serta bahan pokok dan kebersihan.

"Namun, dari 10 etalase yang tersedia baru terisi dua saja yakni produk makanan dan minuman," kata dia.

Karel menjelaskan, e-katalog lokal ini bertujuan memberdayakan pelaku usaha dan UMKM lokal yang ada di OKU dengan banyak manfaat antara lain sebagai sarana promosi menjajakan barang dagangan mereka.

Ia menyakini, e-katalog lokal ini dapat meningkatkan omzet pendapatan penyedia itu sendiri dengan pangsa pasar yang sangat jelas.

“Bagi yang ingin bergabung dalam e-katalog ini syaratnya tidak sulit bisa dilakukan perorangan ataupun badan usaha. Proses transaksi jual beli bersama OPD-OPD di OKU juga tidak melalui tender," ujarnya.