Puluhan sapi di OKU divaksin PMK dosis kedua

id Vaksin PMK, dosis kedua, hewan ternak, ternak sapi, Diskannak OKU

Puluhan sapi di OKU divaksin PMK dosis kedua

Tim Satgas PMK memberikan suntikan vaksin PMK dosis kedua kepada hewan ternak sapi milik masyarakat di Kecamatan Sinar Peninjauan, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Puluhan ternak sapi milik masyarakat di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel), divaksin dosis kedua agar terhindar dari penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten OKU, Tri Aprianingsih di Baturaja, Selasa, mengatakan bahwa pemberian vaksin dosis kedua ini untuk memberikan kekebalan tubuh bagi hewan ternak agar tidak mudah terpapar PMK.

"Pemberian vaksin dosis kedua ini ditujukan bagi hewan ternak sapi milik peternak di Kecamatan Sinar Peninjauan," katanya.

Baca juga: Diskannak OKU vaksin 100 ekor ternak sapi antisipasi PMK

Dalam kegiatan tersebut ditargetkan sebanyak 71 ekor sapi milik masyarakat di Desa Marga Bakti, Kecamatan Sinar Peninjauan yang sudah terdata sebelumnya untuk divaksin dosis kedua.

"Dari 71 ekor target sasaran, hanya 67 ekor yang bisa divaksin. Sedangkan sisanya terkendala hewan ternak sedang hamil sehingga pemberian vaksin terpaksa ditunda," ujarnya.

Baca juga: Antisipasi PMK, Pemkab OKU Timur vaksin ribuan sapi

Dia menjelaskan, pemberian vaksin PMK bagi ternak sapi sebagai program nasional yang di instruksikan oleh pemerintah untuk melindungi sektor peternakan dari penyakit menular dan bisa mengancam kesehatan ternak dan manusia.

"Di Kabupaten OKU belum ada hewan ternak yang terinfeksi PMK, upaya antisipasi perlu dilakukan sedini mungkin melalui penyuntikan vaksin tersebut," tegasnya.

Dalam penyuntikan vaksin pihaknya menerjunkan tim satgas PMK dengan cara mendatangi langsung ke tempat-tempat peternakan sapi untuk disuntik obat penangkal wabah tersebut.

Tri menambahkan, berdasarkan data dari total populasi ternak sapi di OKU saat ini yaitu sebanyak 8.800 ekor, hingga saat ini baru 600 ekor diantaranya yang sudah diivaksin anti PMK dosis pertama.

"Untuk dosis kedua baru 67 ekor ini. Artinya masih banyak yang belum mendapat vaksin baik dosis pertama maupun kedua. Mudah-mudahan dalam waktu akan ada penambahan dosis dari pemerintah provinsi sehingga OKU dapat bebas dari PMK," harapnya.