BMKG: Sumsel berpotensi hujan

id bmkg,bmkg sumsel,sumsel,cuaca,iklim,hujan

BMKG: Sumsel berpotensi  hujan

Pengendara menerabas hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah itu berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, Kamis.

Rilis pers diterima Antara, pada pagi hari diprakirakan cuaca di 17 kabupaten/kota Sumsel mengalami cerah hingga berawan.

Namun pada siang hingga sore hari berpotensi berawan hingga hujan dengan intensitas sedang – lebat di wilayah Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Palembang, Prabumulih dan Pagaralam.

Baca juga: BMKG sebut dua sirkulasi siklonik pemicu hujan di kota besar

Wilayah yang berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas, OKU Timur, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) pada siang hingga sore hari.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan – sedang di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan guyur sebagian wilayah Indonesia

Pada dini hari, cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan PALI.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 32 °C, kelembapan udara berkisar 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 19 – 31 °C dengan kelembapan udara berkisar 60 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Tenggara - Barat dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut dari Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5 – 1,25 meter, cuaca diprakirakan hujan ringan, dengan arah angin dari Timur – Selatan dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG memberikan peringatan dini cuaca untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang - malam hari di wilayah Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Lubuk Linggau, Muaraenim, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, OKI, OKU, OKU Selatan, Palembang, Prabumulih dan Pagaralam.