BMKG sebut dua sirkulasi siklonik pemicu hujan di kota besar

id sirkulasi siklonik, awan hujan, konvergensi, kemarau Basar, BMKG,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

BMKG sebut dua sirkulasi siklonik pemicu hujan di kota besar

Ilustrasi hujan. ANTARA/HO-Sutterstock

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi dua sirkulasi siklonik di Selat Karimata dan Samudra Hindia sebelah barat kepulauan Mentawai yang berpotensi memicu terjadinya hujan di sejumlah kota besar di Indonesia, Rabu.

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id di Jakarta, pembentukan awan hujan memanjang dari laut Jawa bagian barat hingga Lampung di Laut Natuna dan di Samudra Hindia barat, Kepulauan Mentawai.

Baca juga: BPBD OKU ingatkan warga dua kecamatan waspada bencana alam

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Pesisir Selatan Banten hingga Selat Sunda, kemudian di Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, dan di wilayah Papua.

Prakiraan cuaca di Pulau Sumatera secara umum berawan hingga berpotensi hujan dengan intensitas lebat. Potensi hujan sedang diprakirakan terjadi di Kota Medan.

Baca juga: BMKG: Hujan lebat berangin berpeluang meliputi sejumlah provinsi

Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang diprakirakan terjadi di Kota Bengkulu dan hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Palembang.

Secara umum kondisi cuaca di Pulau Jawa juga berpotensi terjadi hujan. Hujan dengan intensitas ringan diprediksi terjadi di Kota Yogyakarta, Kota Bandung, dan Kota Jakarta.

Baca juga: Ini penjelasan BMKG pemicu hujan lebat penyebab banjir di Bandung

Hujan dengan intensitas sedang diprakirakan terjadi di Kota Serang dan Semarang, kecuali Kota Surabaya yang kondisi cuaca diprediksi umumnya berawan dengan suhu udara berkisar antara 25 dan 33 derajat Celsius.

Pulau Kalimantan berpotensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Banjarmasin dan Kota Samarinda. Kota Palangkaraya berpotensi hujan dengan intensitas sedang.

Waspadai potensi hujan petir yang diprakirakan terjadi di Kota Pontianak. Sedangkan untuk Kota Tanjung Selor, kondisi cuaca umumnya berkabut dengan suhu udara berkisar antara 23 hingga 28 derajat Celsius.

Prakiraan cuaca di Pulau Sulawesi, Kota Makassar dan Kota Kendari, diprakirakan kondisi cuaca umumnya berawan dengan suhu udara berkisar antara 24 dan 32 derajat Celsius.

Potensi hujan dengan intensitas ringan diprediksi di Kota Palu, Gorontalo, dan Kota Manado. Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang di Kota Mamuju.

Kota Denpasar, Kota Mataram, dan Kota Kupang umumnya berawan hingga cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 22 dan 33 derajat Celsius.

Prakiraan cuaca di Indonesia bagian timur, seperti Kota Ambon, Kota Ternate, Kota Manokwari, dan Jayapura, umumnya diramalkan turun hujan dengan intensitas ringan.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2022