Wisata kuliner di OKU kembali dibuka pascapandemi

id Pasar kuliner, Talang Jawa, makanan khas OKU, pandemi COVID-19, Dinas Pariwisata OKU

Wisata kuliner di OKU kembali dibuka pascapandemi

Ilustrasi wisata kuliner. (ANTARA/HO/22)

Makanan dan minuman yang disajikan pun merupakan khas Kabupaten OKU seperti peyek, pepes ikan dan makanan ringan lainnya
Baturaja (ANTARA) - Wisata Bogania atau wisata kuliner di kawasan Kelurahan Talang Jawa, Kecamatan Baturaja Barat, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, kini secara resmi kembali dibuka pascapandemi COVID-19 yang melanda daerah itu sejak beberapa tahun terakhir.

"Alhamdulillah perekonomian di Kabupaten OKU khususnya di Talang Jawa kembali menggeliat sejak wisata kuliner dibuka lagi," kata Herman, salah seorang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan wisata kuliner Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan seperti biasa wisata kuliner dibuka untuk umum setiap akhir pekan pada Sabtu malam dan Minggu.

Selain tempat berekreasi, kata dia, wisata kuliner ini juga sebagai hiburan untuk warga setempat untuk membeli berbagai jenis makanan.

Baca juga: Lapis kojo Palembang kue 'bingen' wangi daun pandan
Makanan dan minuman yang disajikan pun merupakan khas Kabupaten OKU seperti peyek, pepes ikan dan makanan ringan lainnya.

"Pengunjungnya selalu ramai baik warga setempat maupun dari kabupaten tetangga," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU, Raupan Indra Fauzi secara terpisah mengatakan wisata Bogania atau kuliner ini dibuka sebagai wadah tempat warga berkreativitas menyajikan berbagai macam jenis makanan untuk dijual.

Dia mengemukakan tujuan dibukanya wisata kuliner ini guna menggerakkan perekonomian masyarakat di wilayah setempat melalui berbagai jenis makanan yang dijual.

"Pasar kuliner ini menonjolkan wisata makanan atau masakan khas Kabupaten OKU dan daerah Jawa," jelasnya.

Melalui wisata Bogania ini dia berharap dapat meningkatkan kreatifitas dan perekonomian masyarakat di wilayah itu agar lebih meningkat dari sebelumnya.

"Mudah-mudahan semua dampak positif dapat dimunculkan melalui pasar kuliner ini, khususnya meningkatkan perekonomian masyarakat Talang Jawa," ujarnya.
Baca juga: OKU buka pelatihan keterampilan wirausaha kuliner