Gubernur Sumsel lantik Pj Bupati Muaraenim dan OKU

id lantik pj bupati oku, Muara enim, Sumsel,herman deru

Gubernur Sumsel lantik Pj Bupati Muaraenim dan OKU

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru didampingi Penjabat Bupati OKU Teddi Meilwansyah (kiri) dan Kurniawan sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Muara Enim (kanan) yang baru dilantik di Griya Agung, Palembang, Kamis (23/6/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Pekerjaan rumah mereka yakni pemulihan perekonomian daerah yang tedampak pandemi COVID-19 dua tahun terakhir menjadi prioritas, jadi fokuskanlah pertumbuhannya bisa lebih baik dan cepat
Sumatera Selatan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru resmi melantik dua Penjabat (Pj) Bupati secara serentak di Griya Agung, Palembang, pada Kamis malam.

Kedua pemimpin daerah yang dilantik itu yakni Kurniawan sebagai Pj Bupati Kabupaten Muara Enim dan Teddi Meilwansyah sebagai Pj Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

"Saya perlu ambil tindakan melantik mereka sebagai Pj Bupati OKU dan Muara Enim, untuk maksimalkan pelaksanaan program pembangunan daerah tersebut yang kekosongan jabatan Bupati definitifnya," kata dia, saat memberikan keterangan resminya seusai pelantikan tersebut.

Ia menjelaskan, keduanya akan memimpin roda pemerintahan di daerah masing-masing setidaknya sampai satu tahun ke depan sebagai Pj Bupati yang kewenangannya hampir sama dengan Bupati.

Meski demikian, kata dia, selama masa jabatan tersebut setiap Pj Bupati diwajibkan setidaknya tiga bulan sekali melaporkan progres capaian program pembangunan daerahnya kepada Gubernur, sebagai bahan evaluasi kinerja mereka.

"Pekerjaan rumah mereka yakni pemulihan perekonomian daerah yang tedampak pandemi COVID-19 dua tahun terakhir menjadi prioritas, jadi fokuskanlah pertumbuhannya bisa lebih baik dan cepat," kata dia.

Pada kesempatan itu, Deru berharap, setiap Pj Bupati tersebut juga harus menjaga kondusifitas hubungan dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten masing-masing menggunakan pendekatan yang baik dan bijaksana, sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Hal tersebut dilakukan supaya sistem pemerintahan di Kabupaten OKU dan Muara Enim tetap berjalan dengan baik dan program pembangunan dalam RPJMD bisa berjalan atau terealisasi.

"Di sini saya mengingatkan bawa saudara-saudara sekalian adalah ASN yang diberikan tugas sebagai bupati, bersikaplah seperti sebelumnya, jalankan tugas sesuai mekanisme yakni mengedepankan koordinasi sebelum mengambil keputusan," tandasnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022