Kemenag OKU pastikan 29 Juni 2022 CJH terbang ke Mekah

id Jemaah calon haji, keberangkatan jemaah, tanah suci Mekkah, Kemenag OKU Sumsel

Kemenag OKU pastikan 29 Juni 2022 CJH terbang ke Mekah

Ilustrasi jamaah calon haji. ANTARA/HO/22

Baturaja (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memastikan pada 29 Juni 2022 sebanyak jemaah calon haji (JCH) asal daerah itu diberangkatkan ke tanah suci Mekah.

"JCH OKU tergabung dalam kloter penerbangan terakhir yang dijadwalkan akan diberangkatkan dari Asrama Haji Palembang ke Mekkah pada 29 Juni nanti," ungkap Kasi Haji dan Umroh Kemenag Ogan Komering Ulu (OKU), Abdul Muis di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, sejauh ini kesiapan JCH OKU untuk diterbangkan ke Mekah sudah hampir mencapai 100 persen.

"Sekarang mereka tinggal di tes PCR saja oleh Dinkes OKU. Jika dinyatakan negatif, maka langsung diterbangkan ke Mekah," tegasnya.

Sebaliknya jika nanti jemaah haji OKU itu saat dites PCR dinyatakan reaktif, maka mereka terancam batal berangkat menjalankan ibadah haji tahun ini.

Oleh karena itu agar saat dites PCR nanti jemaah haji OKU dinyatakan sehat, maka pihaknya telah membuat aturan untuk dipatuhi.

Aturan itu antara lain menjelang keberangkatan ke Mekah dilarang melakukan sedekah syukuran secara besar-besaran dengan mengundang banyak orang.

Hal ini dilakukan agar jemaah haji OKU terhindar dari bahaya penularan virus Corona dan TBC.

"Sebab jika nanti pas diperiksa mereka dinyatakan mengidap kedua penyakit ini, maka mau tidak mau mereka dinyatakan batal naik haji," katanya.

Para jemaah juga diwajibkan istirahat yang cukup, serta rutin meminum vitamin yang sudah diberikan petugas kesehatan dari Dinkes OKU.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2022