Seorang meninggal tertimbun longsor di Talamau Pasaman Barat Sumbar

id Longsor,Tabek Sirah Nagari Talu, Kecamatan Talamau

Seorang meninggal tertimbun longsor di Talamau Pasaman Barat Sumbar

Jajaran Polsek Talamau saat mengevakuasi satu orang korban tertimbun material longsor yang ditemukan meninggal dunia, Rabu. (ANTARA/HO)

Simpang Empat,- (ANTARA) - Polisi menyebutkan satu orang warga Tabek Sirah Nagari Talu, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat Yulisman (55) meninggal dunia tertimbun material longsor di daerah Polongan Anam, Rabu.

"Korban ditemukan pukul 05.00 WIB dalam kondisi tertimbun material longsor tanah dan keadaan meninggal. Korban sudah kita evakuasi," kata Kepala Kepolisian Sektor Talamau AKP Junaidi di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan di titik lokasi longsor Polong Enam itu juga ditemukan satu unit kendaraan roda dua dengan plat Nomor Polisi BA 6857 SC yang terjebak dan tertimpa material longsor.

Menurutnya curah hujan yang tinggi sejak Selasa (21/6) mengakibatkan terjadinya longsor sekitar pukul 19.30 WIB di empat titik yakni di Polongan Enam Jorong Merdeka Nagari Talu dua titik, di daerah Pasanggiangan Jorong Partomuan Nagari Talu satu titik dan di Kelok Kaco satu titik longsor.

Akibatkan satu unit minibus dengan plat Nomor Polisi BA 1087 DO terkena material longsor sedang dan satu unit minibus terjebak dua titik longsor. Selain itu juga ada mobil ambulan RSUD Jambak yang tengah membawa jenazah juga terjebak di titik longsor Pasanggiang.

"Pada pukul 23.30 WIB jenazah yang dibawa dengan menggunakan ambulan RSUD sudah berhasil dievakuasi secara bersama-sama menggunakan ambulan milik Puskesmas Talu menuju rumah duka," katanya.

Sedangkan di lokasi Polongan Enam satu unit roda dua tertimbun longsor dan sekitar 20 unit roda dua tidak dapat melintasi karena terjebak longsor.

Pada pukul 23.30 WIB kendaraan roda dua beserta orangnya yang terjebak longsor sudah dapat di evakuasi keluar dari lokasi.

Sampai saat ini, katanya jajaran Polsek Talamau masih berada di lokasi longsor dalam pengaturan jalan dalam rangka memberikan rasa aman, serta membantu mengevakuasi beberapa masyarakat pengguna jalan.

"Pagi ini pembersihan material longsor mulai dilakukan dengan menggunakan alat berat," sebutnya.

Hingga pagi ini akses jalan menuju Talu untuk kendaraan sementara tidak dapat dilewati karena petugas dalam proses pembersihan material longsor.

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Azhar mengatakan pihaknya bersama instansi terkait seperti Polsek Talamau dan Dinas Pekerjaan Umum pagi ini mulai membersihkan material longsor.

"Akses jalan pagi ini belum bisa dilalui kendaraan. Untuk korban yang tertimbun longsor sudah dievakuasi," katanya.