Sumsel harapkan perguruan tinggi lahirkan SDM unggul

id wagub,wagub sumsel,perguruan tinggi,universitas,sdm,muhammadyah

Sumsel harapkan perguruan tinggi lahirkan SDM unggul

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat menghadiri Milad ke-43 sekaligus wisuda ke-72 Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) di Palembang, Rabu (15/6/22). (ANTARA/HO-Pemprov Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengharapkan perguruan tinggi dapat melahirkan Sumber Daya Manusia unggul agar dapat bersaing di era kemajuan teknologi informasi saat ini.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mengatakan perguruan tinggi harus memiliki tanggung jawab moril dalam melahirkan SDM andal dengan cara meningkatkan kemampuan pendidikan, pengajaran dan penelitian.

“Kami juga berharap perguruan tinggi dapat melahirkan SDM yang memenuhi kebutuhan bangsa,” kata Mawardi saat menghadiri Milad ke-43 sekaligus wisuda ke-72 Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) di Palembang, Rabu.

Dalam era globalisasi yang ditandai dengan ketatnya persaingan dan pesatnya informasi maka SDM yang dilahirkan lembaga pendidikan dituntut mampu saing.

Ia menilai Muhammadiyah telah memainkan perannya di bidang pendidikan dengan baik selama 72 tahun ini.

Organisasi kemasyarakatan ini telah berkontribusi besar pada pembangunan di berbagai bidang khususnya pendidikan.

“Kita ketahui dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi telah tersebar di seluruh pelosok negeri. Tentunya telah banyak alumni yang dihasilkan dan ikut ambil bagian dalam pembangunan Sumber Daya Manusia di Sumatera Selatan," kata dia.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah i Palembang Abid Djazuli mengatakan pihaknya berkomitmen mengembangkan program studi strategis yang sesuai kebutuhan masyarakat dalam rangka menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia.

Untuk itu Universitas Muhammadiyah Palembang telah mencanangkan program kerja 2022-2033, diantara program pengembangan SDM dosen dan karyawan, pengembangan sistem tata kelola universitas yang terintegrasi dan penguatan kelembagaan.

Lalu, peningkatan kinerja dosen di bidang komunikasi serta peningkatan kerja sama utama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.