Fornas VI Sumsel akan diikuti puluhan induk olahraga

id fornas VI Palembang, Sumatera Selatan, jumlah peserta FORNAS VI Palembang,fornas palembang 1-7 Juli 2022, KORMI Sumatera Selatan

Fornas VI Sumsel akan diikuti puluhan induk olahraga

Sejumlah peserta mengikuti lomba permainan tradisional bakiak pada Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Provinsi Sumatera Selatan di Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/6/2022). (ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Sumatera Selatan memastikan puluhan induk olahraga akan dipertandingkan pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) VI di Kota Palembang, 1-7 Juli 2022.

Sekjen Kormi Sumatera Selatan Eko di Palembang, Minggu, mengatakan puluhan induk olahraga tersebut sebanyak 55 induk olahraga rekreasi dan 10 olahraga eksibisi.

Dari jumlah induk olahraga yang bakal dipertandingkan di antaranya Indonesia e-Sport Association (IESPA), Perstuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi), Senam Tera Indonesia (STI), Indonesia Offroad Federation (IOF),  Persatuan Olahraga  Tradisional Indonesia (Portina), Perkumpulan Sepakbola Gaya Bebas Indonesia (IF3), dan Perkumpulan Pelayang Indonesia (Pelangi). 

Selanjutnya, olahraga eksebisi di antaranya Pengurus Pencak Silat Nasional Perisai Putih (PSNPP), Perguruan Olahraga Tenaga Dalam Cakra Mukti (PORTEDA), Federasi Orientering Indonesia (FONI), Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia, skateboard, dan sepeda BMX.

“Namun kami masih menunggu data jumlah total penggiat (peserta) resmi dari panitia penyelenggara FORNAS di Jakarta, karena yang bakal dipertandingkan tersebut terbuka bagi semua penggiat olahraga rekreasi mulai dari tingkat kabupaten dan kota di 34 provinsi di Tanah air,” kata dia, bila tidak berubah ada sekitar 12 ribu-15 ribu penggiat yang diundang untuk mengikuti FORNAS Palembang ini. 

Sementara itu bertindak selaku tuan rumah FORNAS VI saat ini KORMI Sumatera Selatan bersama Pemerintah daerah setempat dan organisasi terkait lainnya sedang mempersiapkan venue penyelenggaraan setiap olahraga yang dipertandingkan.

Lokasi venue tersebut seperti Jakabaring Sport City, Stadion Bumi Sriwijaya, Stadion Kamboja, Lapangan Hatta, Universitas Sriwijaya Palembang, Skatepark Jakabaring, Landasan Udara SMH, Tanjung Senai dan termasuk mal di Palembang.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, kota ini memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap karena pernah menjadi tuan rumah kegiatan olahraga bertaraf internasional seperti SEA Games dan Asian Games. 

Dengan fasilitas-fasilitas yang sudah ada tersebut Pemerintah Kota Palembang mendorong masyarakat untuk berpartisipasi pada FORNAS VI, sekaligus dari situ dapat mewujudkan Palembang sebagai kota tujuan wisata olahraga.

“Pemerintah Kota Palembang mendukung pelaksanaan FORNAS VI pada Juli mendatang, sekaligus mengajak masyarakat turut partisipasi mensukseskanya bersama-sama,” kata dia, didampingi Ketua KORMI Palembang Zulfikar Muharrami usai penutupan kegiatan Road to FORNAS di Kambang Iwak Palembang.