Wabup OKI resmikan Puskesmas Tanjung Lubuk

id puskesmas

Wabup OKI resmikan Puskesmas Tanjung Lubuk

Wakil Bupati Ogan Komering Ilir Dja'far Shodiq meresmikan pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Tanjung Lubuk, Rabu (25/5). (ANTARA/HO-Pemkab OKI)

Palembang (ANTARA) - Wakil Bupati Ogan Komering Ilir Dja'far Shodiq meresmikan pusat layanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) Tanjung Lubuk, Rabu (25/5), yang memiliki fasilitas setara Rumah Sakit tipe D.

“Layanan kesehatan terus meningkat seiring semakin baiknya fasilitas yang dibangunkan pemerintah. Saya berharap Puskesmas ini nanti sepi orang yang sakit tapi ramai dan baik layanannya,” kata Shodiq.

Shodiq berpesan agar pelayanan yang diberikan lebih bagus dari bangunan fasilitas kesehatan.

"Saya titip layanannya harus lebih bagus dari gedung ini,” kata dia.

Shodiq juga meminta jajaran Puskesmas di Kabupaten OKI mengawal upaya pemerintah menurunkan prevelensi Stunting.

"Agar diperhatikan keluarga, ibu-ibu melahirkan terkait gizi dan kesehatan anak-anaknya supaya kita mampu menekan stunting,” kata Shodiq.

Peningkatan fasilitas dan layanan kesehatan ujar Shodiq merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan menambah usia harapan hidup masyarakat OKI.

Kepala Dinas Kesehatan OKI Iwan Setiawan mengatakan Puskesmas ini melayani lebih kurang 9.347 jiwa yang tersebar di delapan desa dan satu kelurahan di Kecamatan Tanjung Lubuk.

"Di Kecamatan ini (Tanjung Lubuk) terdapat dua Puskesmas, satu unit non rawat inap dan satu unit rawat inap kita resmikan hari ini,” kata dia.

Fasilitas layanan di Puskesmas Tanjung Lubuk ini berdiri di atas lahan seluas enam hektare, terdiri atas tiga dedung utama, yaitu Ruang UGD, Ruang Poli rawat jalan, ruang administrasi dan gedung rawat inap berkapasitas 14 tempat tidur.

Adapun tenaga kesehatan yang bekerjas berjumlah 43 orang.

"Nakesnya sebagian kami perbantukan dari Puskesmas Pangarayan,” kata Iwan.

Iwan menambahkan dari 33 Puskesmas se Kabupaten OKI, 14 Puskesmas diantaranya sudah melayani rawat inap.