BMKG : Wilayah Sumsel berpotensi hujan

id bmkg,bmkg sumsel,cuaca,cuaca sumsel,iklim,hujan,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

BMKG : Wilayah Sumsel  berpotensi hujan

Arsip foto - Seorang warga menggunakan payung menerobos lebatnya hujan. (ANTARA/Noveradika/Koz/Spt.)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat berpotensi hujan, Selasa.

Rilis pers diterima Antara, pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan hingga potensi hujan sedang di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Muara Enim, Banyuasin dan Palembang.

Adapun yang berpotensi hujan ringan pada pagi hari di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, Prabumulih, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas dan Musi Banyuasin.

Sedangkan pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di Kabupaten OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim dan Musi Rawas.

Wilayah yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di Kabupaten Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Musi Rawas. Sedangkan yang berpotensi hujan ringan di Kabupaten OKU, OKU Timur, Prabumulih dan Musi Rawas Utara.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di Kabupaten Muara Enim, Prabumulih, PALI dan Musi Banyuasin.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 32 °C, kelembapan udara 55 persen - 98 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 31 °C, kelembapan udara 60 persen - 100 persen.

Angin dari Selatan - Barat dengan kecepatan 05 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa dan Selat Bangka bagian Selatan 0,5 – 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Utara 0,1 – 0,5 meter, cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari Timur – Selatan dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG Sumsel mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang – lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi – siang hari di wilayah OKI, Ogan Ilir, Muara Enim, Banyuasin dan Palembang.

Sedangkan pada sore – malam hari di wilayah OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.