Tiga desa di OKU nikmati akses internet gratis

id Akses internet, transformasi digital, tiga desa di OKU, bantuan Provinsi Sumsel, Diskominfo OKU

Tiga desa di OKU nikmati akses internet gratis

Dokumen - Salah satu tower jaringan Internet di wilayah Sorong guna wujud program pemerintah pusat untuk melayani masyarakat hingga daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) mendapat akses jaringan dengan kecepatan maksimal. (Antara/ Ernes Broning Kakisina)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak tiga desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel) saat ini sudah dapat menikmati akses internet secara gratis bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumsel.

Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Diskominfo) Ogan Komering Ulu (OKU) Priyatno Darmadi di Baturaja, Senin, menjelaskan ketiga desa itu meliputi Desa Saung Naga, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur dan Sukamaju, Kecamatan Baturaja Barat.

Dia menjelaskan, akses jaringan internet ini mulai dinikmati masyarakat di tiga desa tersebut sejak tahun 2021. Warga yang sebelumnya kesulitan mengakses internet saat ini sudah dapat menggunakan teknologi fiber optic yang bisa tahan dalam berbagai kondisi cuaca tersebut.

"Dipilihnya pembangunan internet di wilayah-wilayah ini karena masuk titik belum terjangkau telekomunikasi dan internet atau blank spot," jelasnya.

Tahun ini pihaknya akan kembali melakukan perluasan jaringan internet di dua desa yaitu Muara Saeh dan Beringin, Kecamatan Muara Jaya.

Hal itu dilakukan agar masyarakat yang berada di pelosok desa dapat memanfaatkan perkembangan teknologi di era digital.

"Bantuan internet gratis untuk dua desa ini kemungkinan direalisasikan pada Juni 2022," ujarnya.