Arus balik di Jalan Tol Trans Sumatera Bandarlampung-Palembang masih berlangsung

id arus balik, jalan tol, jalan tol sumatera

Arus balik di Jalan Tol Trans Sumatera Bandarlampung-Palembang masih berlangsung

Kondisi Jalan Tol Trans Sumatera (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik Lebaran 2022 di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bandarlampung-Palembang maupun sebaliknya masih berlangsung.

Berdasarkan pantauan di JTTS ruas Bandarlampung-Bakauheni, Senin, menunjukkan arus kendaraan di jalan tol masih berlangsung yang didominasi mobil bernomor polisi (plat) Palembang, Jambi dan Bengkulu.

Namun, kendaraan lebih ramai dari arah Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Pulau Jawa.

Kondisi jalan tol juga mulai banyak yang rusak dan perbaikan. Pengendara berharap kendaraan truk bertonase dibatasi untuk mencegah jalan yang semakin rusak.



"Pengendara kendaraan diminta untuk berhati-hati saat melintasi Jalan Tol Trans Sumatera terutama ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung," kata Iwan warga Bandarlampung.

Ia menyebutkan, di ruas Tol Terbanggi Besar-l - Pematang Panggang - Kayu Agung menunjukkan saat ini masih terdapat kerusakan di sejumlah titik dan sedang dalam proses perbaikan.

Sejumlah pekerja juga nampak terlihat tengah mengerjakan kerusakan jalan dan kendaraan yang melintas terpaksa memperlambat laju kendaraannya.

"Ada beberapa titik kerusakan jalan tol di ruas itu. Karena itu pengemudi harus berhati hati saat melintasinya," kata Iwan.

Beberapa kendaraan yang melebihi kapasitas (ODOL) juga terlihat masih melintasi Jalan Tol Trans Sumatera, sehingga menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan tol tersebut.

Kendaraan tronton terpantau banyak melintas, akibatnya jalan baru diperbaiki pada arus mudik, sudah rusak lagi.

Badan tol mulai dibongkar di banyak titik ruas
Palembang - Bandarlampung.

Sementara itu, PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 2,69 juta kendaraan melintas di seluruh ruas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola oleh BUMN tersebut, baik yang telah beroperasi secara penuh maupun secara fungsional selama selama mudik Lebaran 1443 Hijriah, 25 April – 9 Mei 2022.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan meskipun masih banyak pemudik di Pulau Sumatra yang belum kembali ke daerah asal, namun lonjakan lalu lintas arus balik telah terjadi pada Ahad (7/5).

“Total sebanyak 227.889 kendaraan melintas di seluruh JTTS, pada Ahad (7/5), dengan jumlah kendaraan yang meninggalkan Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui pintu keluar di Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” kata Dwi.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari 7 (tujuh) ruas yang telah dioperasikan yakni Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka), Palembang – Indralaya (Palindra), Pekanbaru – Dumai (Permai), Medan – Binjai, Ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat), Sigli – Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4) serta ruas fungsional yakni Bengkulu – Taba Penanjung dan Pekanbaru – Bangkinang.*