Harga batu bara acuan turun 12,76 dolar AS per ton

id HBA Mei 2022,harga batu bara,batu bara domestik

Harga batu bara acuan turun 12,76 dolar AS per ton

Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa/pri.

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan harga batu bara acuan atau HBA pada Mei 2022 tercatat 275,64 dolar AS per ton atau turun 12,76 dolar AS per ton dari bulan sebelumnya.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu, mengatakan penurunan harga itu terjadi akibat peningkatan pasokan batu bara dunia.

"China dan India telah meningkatkan jumlah produksi batu bara dalam negerinya untuk mengurangi impor," katanya.

Selain peningkatan pasokan, keputusan China untuk mengurangi pembangkit listrik tenaga uap dan mengembangkan energi hijau juga turut mendorong penurunan harga batu bara tersebut.

Sejak Januari hingga April 2022, grafik HBA terus menanjak mulai dari 158,50 dolar AS per ton, naik menjadi 118,38 dolar AS, lalu, terangkat ke level 203,69 dolar AS, dan menyentuh angka 288,40 dolar AS akibat keputusan Amerika Serikat dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara yang melakukan embargo terhadap pasokan energi dari Rusia.

HBA merupakan harga yang diperoleh dari rata-rata indeks Indonesia Coal Index (ICI), Newcastle Export Index (NEX), Globalcoal Newcastle Index (GCNC), dan Platt's 5900 pada bulan sebelumnya dengan kualitas yang disetarakan pada kalori 6.322 kkal per kilogram GAR, total kelembaban 8 persen, total sulfur 0,8 persen, dan abu 15 persen.

Terdapat dua faktor turunan yang mempengaruhi pergerakan HBA, yaitu pasokan dan permintaan. Pada faktor turunan pasokan dipengaruhi oleh cuaca, teknis tambang, kebijakan negara pemasok hingga teknis di rantai pasok, seperti kereta, tongkang, maupun terminal pemuatan.

Sementara untuk faktor turunan permintaan dipengaruhi oleh kebutuhan listrik yang turun berkorelasi dengan kondisi industri, kebijakan impor, dan kompetisi dengan komoditas energi lain, seperti gas alam cair nuklir, dan hidro.

Di samping itu, pemerintah juga menetapkan HBA domestik khusus kelistrikan sebesar 70 dolar AS per ton dan 90 dolar AS per ton diperuntukkan bagi HBA untuk kebutuhan bahan bakar industri semen dan pupuk.

"HBA Mei akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batu bara selama satu bulan pada titik serah penjualan secara free on board di atas kapal pengangkut," ujar Agung.