Harga sawit turun Rp400/Kg

id sawit,harga sawit,tbs sawit

Harga sawit turun Rp400/Kg

Tandan buah segar kelapa sawit milik petani di Kecamatan Air Manjuto, Kabupaten Mukomuko. ANTARA/Ferri

Mukomuko (ANTARA) - Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di semua pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, turun hingga Rp400 per kilogram, Jumat, karena terbatasnya penjualan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO).

"Harga TBS sawit hari ini turun berkisar Rp100 hingga mencapai Rp400 per kilogram," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Apriansyah, dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima perkembangan harga tandan buah segar kelapa sawit dari 10 pabrik minyak kelapa sawit.

Ia mengatakan, setelah ini tidak tertutup kemungkinan harga TBS yang dibeli oleh pabrik minyak kelapa sawit di daerah kembali mengalami penurunan karena pabrik terbatas menjual CPO kepada supplier.

Selain itu, katanya, tangki penyimpanan minyak CPO yang ada di setiap pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini juga terbatas sehingga tidak mampu menampung minyak CPO dalam jumlah yang yang banyak.

Kendati demikian, katanya, belum ada pabrik di daerah ini yang berhenti beroperasi dan membeli TBS kelapa sawit milik petani daerah ini.

"Hingga siang ini belum ada informasi maupun laporan sejumlah pabrik di daerah ini yang berhenti beroperasi dan membeli TBS kelapa sawit milik petani," ujarnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan tim perumus harga TBS kelapa sawit pemerintah provinsi guna mencari solusi mengatasi turunnya harga sawit di daerah ini.

Ia menyebutkan, harga sawit di PT Sapta Sentosa Jaya Abadi turun dari Rp1.950 per kilogram menjadi Rp1.550 per kg dan di PT Surya Andalan Primatama turun dari Rp2.080 per kg menjadi Rp1.780 per kg.

Kemudian, harga sawit di PT Daria Dharma Pratama sebesar Rp1.980 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri turun dari Rp2.150 per kg menjadi Rp1.750 per kg, dan di PT Bumi Mentari Karya turun dari Rp2.000 per kg menjadi Rp1.800 per kg.

Sedangkan, harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas turun dari Rp2.090 per kg menjadi Rp1990 per kg, di PT Mukomuko Indah Lestari turun dari Rp2.090 per kg menjadi Rp1990 per kg, dan di PT Sentosa Sejahtera Sejati turun dari Rp2.100 per kg menjadi Rp1.970 per kg.

Harga sawit di PT Karya Agr Sawitindo turun dari Rp2.070 per kg menjadi Rp2.070 per kg dan di PT Gajah Sakti Sawit turun dari Rp2.160 per kg menjadi Rp2.040 per kg.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022