Gubernur Sumsel tunjuk Kurniawan sebagai PLH Bupati Muara Enim

id PLH Bupati Muara Enim, Kurniawan

Gubernur Sumsel tunjuk Kurniawan sebagai PLH  Bupati Muara Enim

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menunjuk Kurniawan (Kepala Badan Kebangsaan dan Politik Provinsi Sumsel) sebagai Pelaksana Harian Bupati Kabupaten Muara Enim, di Griya Agung Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (12/5/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menunjuk Kurniawan (Kepala Badan Kebangsaan dan Politik Provinsi Sumsel) sebagai Pelaksana Harian Bupati Kabupaten Muara Enim.

"Penunjukkan Kurniawan sudah sesuai syarat administratif, dia dinilai tepat memimpin sebagai PLH Bupati Muara Enim," Kata Herman Deru, usai seremoni pemberian Surat Keputusan di Griya Agung Palembang, Kamis.

Menurut dia, Kurniawan mempunyai pengalaman yang cukup, untuk menjalankan roda pemerintahan di kabupaten yang kekosongan jabatan bupati itu.

Kurniawan pernah memimpin mulai dari sebagai lurah, camat, hingga beberapa kali menjabat sebagai kepala dinas di Kota Palembang dan Provinsi Sumsel, termasuk pernah menjabat Sekretaris Daerah Kota Palembang.

Sementara diketahui Bupati Muara Enim Ahmad Yani tersandung kasus hukum di KPK pada Desember 2019, kemudian Wakil Bupati Juarsah yang sempat menggantikan sebagai pelaksana tugas bupati itu juga berurusan hukum dengan KPK pada Januari 2020 sehingga kabupaten itu mengalami kekosongan pemimpin pemerintahan.

Kekosongan tersebut direspons Gubernur selaku kepala pemerintahan dengan menunjuk Sekretaris Daerah Provinsi Nasrun Umar sebagai Penjabat (PJ) Bupati Muara Enim, pada 11 Mei 2021, dan saat ini telah habis masa jabatannya itu.

Oleh sebab itu Gubernur menunjuk PLH Bupati supaya sistem pemerintahan di Kabupaten Muara Enim tetap berjalan dengan baik dan program pembangunan dalam RPJMD bisa berjalan atau terealisasi.

Menurut Herman, Kurniawan akan memimpin roda pemerintahan Muara Enim beberapa waktu ke depan terhitung sejak pemberian Surat Keputusan tersebut yang sifatnya sementara sampai ada penetapan Penjabat Bupati, atau Bupati definitif di sana.

Sementara itu, Kurniawan mengatakan dirinya akan menggelar rapat konsolidasi bersama jajaran organisasi perangkat daerah beserta forkopimda di Muara Enim untuk mengawali tugas sebagai Pelaksana Harian Bupati sehingga program-program kerja pembangunan yang ada bisa segera terealisasi.

"Berikut menginventarisasi permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini dan mencarikan solusinya dalam rapat konsolidasi itu. Jadi, sekali lagi saya memohon kerja sama dan dukungannya selama menjalani masa kepemimpinan ini dengan baik," tandasnya.