BMKG prakirakan hujan lebat guyur sejumlah provinsi di Indonesia

id hujan lebat,BMKG

BMKG prakirakan hujan lebat guyur  sejumlah provinsi di Indonesia

Warga berjalan menggunakan payung saat hujan lebat di kawasan Sarinah Thamrin, Jakarta, Selasa (5/4/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp/aa. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda sejumlah provinsi di Indonesia pada Rabu (11/5).

Menurut informasi yang dihimpun ANTARA dari laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu, sejumlah provinsi yang berpotensi dilanda cuaca tersebut adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, dan Kalimantan Barat.

Daerah lain yang diprakirakan mengalami cuaca serupa adalah Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan dan dapat disertai kilat/petir serta angin kencang adalah Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Barat.

BMKG juga meminta untuk mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Enggano - Lampung, dan Samudra Hindia Barat Sumatra.

Gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa - Pulau Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, serta Samudra Hindia Selatan Jawa - Sumba.

Di bidang pelayaran dan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau selalu waspada.