Dinkes OKU imbau warga waspadai penyakit hepatitis

id Penyakit Hepatitis, Dinas Kesehatan OKU, pola hidup bersih dan sehat, negara Eropa.

Dinkes OKU imbau warga waspadai penyakit hepatitis

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di daerah itu mewaspadai penyakit hepatitis yang saat ini melanda beberapa negara di dunia.

"Penyakit hepatitis misterius ini sudah banyak diderita anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia. Bahkan, kabarnya sudah masuk Indonesia sehingga kita harus mewaspadainya," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Senin.

Menurut dia, penyakit ini sudah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena bahaya hepatitis dapat menyebabkan kematian terutama pada anak-anak.

Sebagai upaya pencegahan, kata dia, pihaknya akan melakukan regulasi melalui surat ke pelayanan kesehatan sebagai sistem kewaspadaan dini dan merespon bila menemukan gejala penyakit hepatitis di Kabupaten OKU.

Bagi masyarakat upaya pencegahan dari penyakit ini dapat menghindari bersentuhan kulit dan makan bersama dalam satu piring dengan penderita hepatitis agar tidak tertular.

Masyarakat juga diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta selalu memakai masker agar terhindar dari virus tersebut, terutama pada anak-anak.