Polrestabes Palembang kerahkan 359 personel amankan Shalat Idul Fitri

id sholat id palembang, masjid agung, tidak boleh sholat di jembatan ampera, lebaran palembang

Polrestabes Palembang kerahkan 359 personel amankan Shalat Idul Fitri

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib menjelaskan terkait pengamanan ibadah Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah, di Palembang, Minggu (1/5/2022). ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22

Sumatera Selatan (ANTARA) - Aparat Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) mengerahkan sebanyak 359 personel untuk mengamankan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Polrestebes Palembang Kombes Pol Mokhamad Ngajib, di Palembang, Minggu, mengatakan ratusan personel tersebut akan diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan shalat, khususnya di sejumlah masjid besar di Palembang.

Dalam penugasan tersebut, aparat kepolisian juga akan melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan luar lingkungan masjid tersebut, sebab diprediksi jamaah akan padat.

“Seperti Masjid Agung misalnya yang diperkirakan akan banyak jamaahnya, kami lakukan pengaturan di sana,” kata dia, sehingga pelaksanaan ibadah Shalat Idul Fitri pada Senin (2/5) besok pagi, berjalan tertib aman dan lancar.

Meskipun demikian, ia berharap kepada masyarakat supaya dapat melaksanakan ibadah Shalat Id tersebut di masjid yang berada dekat tempat tinggal masing-masing, atau di rumah jangan terpusat di Masjid Agung.

Sebab, merujuk pada hasil koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palembang setiap pengurus masjid pun telah diimbau untuk dapat melakukan pengaturan dan pembatasan jamaah jangan sampai mereka menggelar shalat di luar lingkungan masjid atau bahkan di jalan raya.

“Kami pastikan tidak ada jemaah yang shalat di jalan atau bahkan sampai Jembatan Ampera, tanpa mengurangi khidmat, makanya kami pun berharap lebih baik masyarakat shalatnya di masjid terdekat ataupun rumah masing-masing,” katanya lagi.