BMKG: Sumsel berpotensi hujan dengan intensitas ringan

id BMKG,BMKG Sumsel,cuaca,iklim,hujan,Sumsel berpotensi hujan,Sumsel berpotensi hujan intensitas ringan

BMKG: Sumsel berpotensi hujan dengan intensitas ringan

Pengendara menerobos hujan saat melintasi jalan protokol Palembang. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat mengalami hujan dengan intensitas ringan, Minggu.

Rilis pers diterima ANTARA, pada pagi hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan di wilayah Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muaraenim, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, OKI, OKU, OKU Selatan, OKU Timur dan Pagaralam.

Pada malam hari, cuaca diprakirakan berawan hingga berpotensi hujan ringan - sedang di wilayah Banyuasin, Muaraenim, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, OKI, Palembang dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sedangkan pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan dan udara kabur/berkabut.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 23 – 33 °C dan kelembapan udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 32 °C dan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat Daya - Timur Laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Bangka bagian Utara, di Selat Bangka bagian Selatan, dan Selat Gelasa 0,5 - 1,25 meter. Cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan, arah angin dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 5 - 25 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG Sumsel mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hingga malam hari.

Adapun wilayahnya meliputi Banyuasin, Lahat, Musi Banyuasin, Muaraenim, OKI, OKU, OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir, Palembang dan PALI.