Stok vaksin COVID-19 di Palembang cukup hingga Idul Fitri

id Vaksin COVID-19 Palembang, juru bicara satgas COVID -19,stok vaksin,vaksin

Stok vaksin COVID-19 di Palembang cukup hingga Idul Fitri

Seorang tenaga kesehatan Dinas Provinsi Sumatera Selatan sedang menyiapkan penyuntikan dosis vaksin COVID-19 (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/22)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan memastikan ketersediaan stok vaksin COVID-19 masih mencukupi hingga hari raya Idul Fitri 1443 H yang jatuh pada Mei 2022 mendatang.

Kepastian tersebut diberikan supaya tidak menimbulkan keraguan masyarakat untuk divaksinasi khususnya bagi masyarakat yang berniat melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini, kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan Kota Palembang Yudhi Setiawan di Palembang, Selasa.

Menurut dia ada beberapa merek vaksin COVID-19 yang dialokasikan dari Dinas Kesehatan Provinsi untuk melayani vaksinasi di Kota Palembang, yaitu AztraZaneca, Sinovac, Covovax, Moderna, dan Pfizer.

Di mana, jumlah ketersediaan vaksin saat ini ada sekitar 640 dosis vaksin AstraZaneca tersisa di gudang penyimpanan Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Kemudian, di Penyuluh Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas sebanyak 2.710 dosis vaksin AstraZeneca, 5.566 dosis vaksin Sinovac, 3.950 dosis vaksin Covovax, dan 180 dosis vaksin Moderna.

Lalu, di Kantor Kesehatan Pelabuhan sebanyak 190 dosis vaksin Covovax dan Pfizer sebanyak 384 dosis dan sementara di Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin nol.

“Insya-Allah stok mencukupi hingga bulan depan, bila dosis vaksin tersebut kurang kami akan mengajukan penambahan ke Dinas Kesehatan Provinsi, sehingga percepatan tidak terganggu,” kata dia.

Berdasarkan rekap data Dinas Kesehatan Kota Palembang tercatat jumlah capaian vaksinasi COVID-19 dosis ketiga bertambah sebanyak 2.784 orang atau 15,92 persen pada Senin (11/4) dari sebelumnya sebanyak 1.513 dosis pada Kamis (7/4).

Adanya penambahan tersebut maka saat ini jumlah yang telah tervaksinasi dosis ketiga ada sebanyak 197.549 orang dari total keseluruhan sebanyak 917.846 orang untuk target sasaran Sumber Daya Manusia Kesehatan, Petugas Publik, Masyarakat Lanjut Usia, Masyarakat Rentan Umum, dan Ibu Hamil.

“Setiap hari jumlahnya terus meningkat, bahkan, pada 8 April 2022 kemarin mencapai 4.435 orang se hari," ujarnya.

Peningkatan capaian vaksinasi dosis ketiga tersebut dipengaruhi setelah pemerintah menjadikan hal tersebut sebagai salah satu syarat bagi masyarakat untuk melaksanakan perjalanan mudik Lebaran 1443 H, demikian menurut Yudhi.