AHY dan Surya Paloh bahas peluang berkoalisi di Pemilu 2024

id AHY Surya Paloh,koalisi NasDem Demokrat,Pemilu 2024,AHY Demokrat,demokrat nasdem,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

AHY dan Surya Paloh bahas peluang berkoalisi  di Pemilu 2024

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberi keterangan kepada media usai pertemuan dirinya dengan Ketua Umum DPP Partai NasDem di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Selasa (29/3/2022). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh di Jakarta, Selasa, membahas peluang berkoalisi pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Keduanya terbuka untuk membangun koalisi, tetapi sampai saat ini belum ada keputusan resmi yang disepakati bersama.

“Terbuka sekali peluang dan opsi-opsi untuk saling berkoalisi, dan sekali lagi di sini kami ingin berdiskusi, karena pada dasarnya baik dari Demokrat maupun NasDem memiliki garis-garis ideologi dan visi jangka panjang serupa,” kata AHY yang didampingi sejumlah pengurus DPP Partai Demokrat, yaitu Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Benny K Harman, Sekretaris Jenderal Demokrat Teuku Riefky Harsya, dan Kepala BPOKK Demokrat Herman Khaeron.

Dalam kesempatan itu, AHY lanjut menyampaikan Demokrat membuka peluang, begitu pun dengan NasDem.

"Sama-sama kami mengatakan ada timeline (lini masa yang harus) kami ikuti bersama. Sekarang masih awal 2022, kita ikuti terus. Ini akan terus menarik," ujar AHY yang datang bersilaturahim untuk pertama kalinya ke kantor baru NasDem.

Ia menyampaikan Demokrat dan NasDem memiliki lebih banyak persamaan dan titik temu daripada perbedaan. "Kami juga punya visi misi serupa," tutur dia.

Walaupun demikian, dua pihak belum membahas mengenai pencalonan presiden pada Pemilu 2024. Menurut dia, pembahasan mengenai isu itu masih terlalu dini.

"Yang penting, dibangun dulu komunikasi, silaturahim ini dengan baik. Kami berikhtiar masing-masing kemudian pada titik-titik tertentu atau momentum-momentum tertentu kami duduk bareng saling tukar catatan dan lain-lain," tambah dia.

AHY dan Surya Paloh didampingi sejumlah pengurus pusat partai masing-masing berdialog selama kurang lebih 2 jam di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta.

Dua pihak tidak hanya membahas soal peluang berkoalisi, tetapi juga membicarakan isu lain seperti ancaman terhadap demokrasi, dan pemulihan pandemi COVID-19.

Dalam pertemuan awal, AHY sempat meneruskan salam dari Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ke Surya Paloh.

"Beliau sampaikan salam hormat kepada sahabat Pak Surya Paloh semoga sehat selalu. Harapannya beliau sampaikan NasDem dan Demokrat terus berperan untuk negeri seperti yang sering Pak Surya Paloh dan Pak SBY diskusikan sejak 2004," kata AHY ke Ketum NasDem.