PMI Palembang gandeng para camat tingkatkan stok darah hadapi Ramadhan

id tingkatkan stok darah, donor darah massa,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

PMI Palembang gandeng para camat  tingkatkan stok darah hadapi Ramadhan

Kegiatan donor darah massal di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang, Sumatera Selatan, Fitrianti Agustinda menggandeng para camat untuk meningkatkan stok darah menghadapi Ramadhan 1443 H yang biasanya pendonor sukarela banyak yang menunda kegiatan donor darahnya.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pendonor sukarela menunda donor darahnya hingga 50 persen dengan berbagai alasan, kondisi tersebut perlu diantisipasi dengan peningkatan kegiatan donor darah sebelum memasuki bulan Ramadhan sehingga stok darah tersedia cukup sesuai kebutuhan sekitar 5.000-7.000 kantong per bulan," kata Fitrianti Agustinda di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut pertama kali dilakukan bersama Camat Ilir Barat II (IB II) kawasan Makrayu, Palembang pada pertengahan Maret 2022 yang diikuti sekitar 100 pendonor dari pegawai Kantor Kecamatan, masyarakat umum, utusan berbagai lembaga dan komunitas di kawasan sekitar.

Kegiatan itu akan dilakukan secara bertahap di 18 kecamatan hingga memasuki bulan suci Ramadhan yang diperkirakan jatuh pada pekan pertama April 2022.

Jika rata-rata 100 pendonor yang bisa diajak dalam kegiatan donor darah massal di Kantor Kecamatan beberapa pekan ke depan bisa diperoleh tambahan stok darah yang cukup banyak 1.800 kantong.

Untuk menyukseskan kegiatan donor darah massal tersebut dengan jumlah pendonor yang lebih banyak, pihaknya mengharapkan dukungan para camat dan jajarannya melakukan sosialisasi kegiatan tersebut hingga pelosok kelurahan.

Selain kegiatan donor darah massal di kantor kecamatan, pihaknya juga mengajak kelompok masyarakat, komunitas, berbagai lembaga, serta instansi pemerintah dan swasta di Ibu kota Provinsi Sumsel ini untuk melakukan kegiatan serupa di tempatnya masing-masing.

Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Palembang memberikan apresiasi atau penghargaan kepada masyarakat setempat yang masih banyak melakukan donor darah secara sukarela di unit transfusi darah PMI atau pada kegiatan donor darah massal.

Dengan banyaknya masyarakat yang secara sukarela melakukan donor darah, permintaan darah dari pasien rumah sakit terutama pada masa pandemi COVID-19 dua tahun terakhir yang kebutuhannya meningkat hingga 2.000 kantong per bulan bisa dipenuhi dengan baik, kata Fitrianti yang juga Wakil Wali Kota Palembang itu.